• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Metropolis

Banser di Sidoarjo Sigap Ambil Batu Kapur Permudah Jalan KH Anwar Zahid

Banser di Sidoarjo Sigap Ambil Batu Kapur Permudah Jalan KH Anwar Zahid
Banser di Sidoarjo Sigap Ambil Batu Kapur Permudah Jalan KH Anwar Zahid. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Banser di Sidoarjo Sigap Ambil Batu Kapur Permudah Jalan KH Anwar Zahid. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) terus menunjukkan khidmahnya dalam mengawal ulama dan kiai, khususnya di berbagai macam kegiatan ke-NU-an. Kesigapan Banser dalam mengawal kiai tak perlu diragukan lagi. Hal itu ditunjukkan Banser di Sidoarjo yang sigap mengangkat batu kapur untuk memudahkan akses jalan KH Anwar Zahid, pendakwah asal Bojonegoro.


Kala itu, KH Anwar Zahid sedang menghadiri pengajian umum di Masjid Jabal Nur Dusun Blijo Desa Sebani Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, Senin (29/08/2022) malam. Pasca turun dari mobilnya, Kiai Anwar Zahid kemudian hendak menaiki masjid, namun diduga kesulitan makanya dua Banser sigap mengangkat sebuah batu kapur.


“Saya berinisiatif mengambil batu itu karena saya kan melihat jarak aspal ke masjid ini cukup tinggi, karena bukan jalur utama pintu masuk masjid. Kami rasa kiai akan kesulitan naik, apalagi pasti nanti banyak orang yang berebutan minta salaman dengan kiai,” kata Toyib kepada NU Online Jatim, Selasa (30/08/2022) malam.


Setelah mobil KH Anwar Zahid sampai di tempat parkir khusus yang telah disediakan panitia. Pria yang sejak tahun 2000 bergabung menjadi anggota Banser itu berinisiatif mengajak kawannya untuk mengangkat batu kapur. Batu seberat kurang lebih 50 kilo gram itu diangkat dari rumah warga di sebelah barat masjid.


“Ya, saya langsung ajak Sahabat Mascan untuk ambil batu kapur itu, lalu kami letakkan. Alhamdulillah, mempermudah KH Anwar Zahid naik ke masjid,” kisahnya.


Toyib mengaku senang dapat melaksanakan tugas mengamankan pengajian ulama kondang NU itu. Meski hal yang ia lakukan di atas hal sepele dan lepas dari mata masyarakat, ia yakin perbuatannya tersebut akan membuat bangga para muassis NU.


“Ya, saya berharap amal-amal kecil seperti yang saya lakukan ini dapat tercatat sebagai pahala yang dapat bermanfaat ketika di akhirat kelak,” tandasnya.


Metropolis Terbaru