• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Berkah Malam Asyura, Anak Yatim di Sidoarjo Terima Santunan dari LAZISNU

Berkah Malam Asyura, Anak Yatim di Sidoarjo Terima Santunan dari LAZISNU
Santunan anak yatim. (Foto: NOJ/Yuli)
Santunan anak yatim. (Foto: NOJ/Yuli)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Bertepatan di malam Asyura atau malam 10 Muharram 1444 Hijriyah, Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo melaksanakan kegiatan santunan anak yatim dhuafa.

 

Ketua UPZIS LAZISNU Kecamatan Sukodono Moh Winarto mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Dirinya menyebutkan, sebagian masyarakat menganggap 10 Muharram sebagai hari raya atau lebaran anak yatim (idul yatama).

 

“Karena pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka. Dalam kegiatan ini kami juga ikut berpartisipasi dengan menyerahkan santunan bagi lima warga dhuafa sekitar dan menyerahkan secara simbolis sejumlah kaleng Koin NU,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (07/08/2022).

 

Sementara itu, Ketua UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo M Bahrul Ulum mengatakan, program santunan anak yatim kali ini dipusatkan di Masjid Sabilussalam, Dusun Jumputwetan sebagai bentuk apresiasi atas perolehan perdana kaleng Koin NU di dusun tersebut.

 

Adapun santunan yang diberikan berupa uang tunai masing-masing sebesar 100 ribu dan buket snack kepada sebanyak 25 anak yatim. Ditambah sejumlah amplop berisi uang, titipan dari beberapa warga sebelum acara dimulai.

 

“Kami berharap, syiar LAZISNU semakin luas dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat khususnya warga dusun Jumputwetan. Kami  mengucapkan terima kasih kepada para donatur, ketua takmir dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini,” katanya.

 

Ulum mengungkapkan, perolehan kaleng Koin NU yang berhasil dihimpun oleh UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo selama tiga bulan terakhir rata-rata mencapai Ro 10 juta per bulan. Dijelaskannya, UPZIS LAZISNU Desa Jumputrejo baru enam bulan berjalan. Kendati demikian, hingga hari ini telah menyalurkan banyak program.

 

“Adapun program ke depan yang akan direalisasikan yakni santunan beasiswa anak yatim dan dhuafa, serta pemberdayaan ekonomi berupa modal usaha bagi dhuafa. Selain itu, cita-cita terbesar kami ingin segera memiliki ambulans, semoga bisa segera terwujud,” pungkasnya.

 

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Ketua UPZIS LAZISNU Kecamatan Sukodono, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jumputrejo beserta badan otonom (banom) dan lembaga, takmir masjid, serta tokoh masyarakat setempat.

 

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan Shalawat Nabi, Istighotsah, doa bersama, dan dilanjutkan dengan penyerahan santunan anak yatim.


Metropolis Terbaru