• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Gelar Rakerwil, MDS Rijalul Ansor Jatim Usung Program Inovatif di Era Pandemi

Gelar Rakerwil, MDS Rijalul Ansor Jatim Usung Program Inovatif di Era Pandemi
Abdul basith, Ketua Panitia saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/GZ)
Abdul basith, Ketua Panitia saat memberikan sambutan. (Foto: NOJ/GZ)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Jawa Timur menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) pada Sabtu (13/03/2021) hingga Ahad (14/03/2021). Kegiatan yang bertempat di Hotel Grand Whiz Trawas, Mojokerto ini mengusung tema ‘Meneledani Muassis NU dalam Meneguhkan Semangat Khidmah Rijalul Ansor di Era Pandemi’. Abdul Basith, Ketua Panitia Rakerwil mengatakan, bahwa pengambilan tema tersebut merujuk pada meneladani para muassis NU dari segala sisi.

 

“Tema ini dikembangkan beralaskan pada beragam konteks bahwa keteladanan yang terdapat dalam tindak, tutur, dan karya Muassis NU harus senantiasa diinternalisasikan dalam jiwa generasi nahdliyyin dalam berbagai bidang ke-NU-an maupun sosial kemasyarakatan. Khususnya dalam setiap hembusan nafas gerakan Rijalul Ansor,” katanya.

 

Selain itu, pria yang akrab disapa Gus Basith ini menambahkan, bahwa di era pandemi Covid-19 yang belum ada tanda-tanda akan berakhir, menjadi tantangan tersendiri bagi dakwah dan gerakan sahabat-sahabat Rijalul Ansor.

 

“Sehingga setiap program strategis perlu dikembangkan dengan pendekatan yang lebih sistematis, inovatif, dan selalu mengikuti protokol kesehatan tanpa mengurangi aspek kultural yang menjadikan khidmah NU itu asyik dan bahagia,”

 

Rakerwil ini dilaksanakan atas dasar amanah hasil Rakerwil PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur yang dinakhodai oleh Gus Syafiq Syauqi.

 

“Oleh karena itu kami melaksanakan Rakerwil sebagai upaya untuk meningkat semangat jajaran pengurus PW MDS Rijalul Ansor Jatim dalam bentuk silaturrahmi, sinkronisasi visi antar pengurus, serta koordinasi mendalam bersama Rijalul Ansor di tingkat cabang. Kemudian secara keseluruhan diterjemahkan dalam bentuk program kerja strategis PW MDS Rijalul Ansor Jawa Timur,”

 

Gus Basith mengungkapkan, sebagai hasil dari Rakerwil yang diselenggarakan selama dua hari ini, PW MDS Rijalul Ansor Jawa Timur menghasilkan beberapa program strategis.

 

“Setidaknya ada tujuh fokus program PW MDS Rijalul Ansor Jawa Timur periode ini. Semua terbagi ke dalam bidang-bidang, yaitu dirosah dan kaderisasi, dakwah dan penguatan dai perkotaan, kerja sama dan kemitraan, seni dan budaya Islam nusantara, penerbitan dan usaha produktif, pengajian rutin dan perayaan hari besar Islam, serta media publikasi,”

 

Ia berharap, dengan adanya Rakerwil ini PW MDS Rijalil Ansor Jawa Timur dapat melaksanakan program yang telah disusun dengan sebaik-baiknya.

 

“Harapannya, melalui arahan para ulama, PW MDS Rijalul Ansor Jawa Timur dapat mengimplementasikan program strategis yang telah disepakati secara nyata dan terukur, khususnya di era pandemi seperti saat ini,” pungkasnya.

 

Rakerwil PW MDS Rijalul Ansor Jawa Timur telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Rijalul Ansor KHR Mahfudz Chamid, Ketua PW GP Ansor Jatim Gus Syafiq Syauqi, mantan Ketua PW MDS Rijalul Ansor Jatim KH Abdul Wahab Yahya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto dan tokoh-tokoh muda lainnya. Selain itu, ada sesi khusus orasi kebangsaan oleh KH Muslich Abbas, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyyah Fatchul Ulum Pacet, Mojokerto.


Metropolis Terbaru