• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

Giliran Elemen NU di Sidoarjo Ajak Bonek Kirim Bantuan ke Korban Semeru

Giliran Elemen NU di Sidoarjo Ajak Bonek Kirim Bantuan ke Korban Semeru
Tim Relawan Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru bersama Bonek Waru menyerahkan sejumlah bantuan untuk korban bencana erupsi Semeru di Posko MWCNU Candipuro, Senin (13/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)
Tim Relawan Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru bersama Bonek Waru menyerahkan sejumlah bantuan untuk korban bencana erupsi Semeru di Posko MWCNU Candipuro, Senin (13/12/2021). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Segenap elemen Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Sidoarjo terus bergerak membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

 

Kali ini Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo melalui Tim Relawan Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru yang terdiri dari unsur pengurus MWCNU, badan otonom (banom), lembaga, Gassa, dan Bonek Waru mengirimkan sejumlah bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Senin (13/12/2021).

 

Camat Waru Rudi Setyawan yang ikut bergabung dengan tim ini mengapresiasi atas terlaksananya baksos tersebut. Menurutnya, Tim Relawan Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru ini telah berjuang tanpa lelah dengan tenaga yang dimiliki dan semangatnya sangat luar biasa demi kemanusiaan

 

“Dimana kita melihat sendiri kondisi di lapangan dengan mata kepala saya sendiri, bahwasanya banyak sekali yang betul-betul kita bantu. Alhamdulillah baksos ini sangat membantu meringankan beban para korban bencana. Amanah dari masyarakat yang tersalurkan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru ini bisa bermanfaat,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara, Sekretaris Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Waru H Abdul Adhim mengungkapkan, perolehan donasi yang berhasil dihimpun melalui UPZIS LAZSINU Waru hingga saat ini total sekitar Rp 50 juta.

 

“Donasi tersebut kami tasharrufkan bertahap dan lewat Posko NU Peduli yang berada di bawah koordinasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang. Donasi yang terkumpul kami belanjakan sesuai kebutuhan pengungsi saat ini yakni sembako, obat-obatan, pakaian dalam, mukena ,sarung, pampers, dan peralatan bangunan. Semoga bermanfaat bagi warga terdampak bencana erupsi Semeru,” ungkapnya.

 

Koordinator Tim Relawan Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru  H Samsul Huda menjelaskan, bahwa rombongan yang ikut baksos tersebut berjumlah 40 orang dengan mengendarai 8 kendaraan yang terdiri dari ambulans, mobil pribadi, dan mobil barang.

 

“Sesampainya di Lumajang kami langsung menuju ke kantor PCNU setempat. Selanjutnya tim menuju ke lokasi bencana di desa terdampak erupsi Gunung Semeru yaitu di Desa Penanggal dan Dusun Kampungrenteng Desa Sumber Wuluh. Kemudian bergerak ke Posko MWCNU Candipuro untuk menyerahkan bantuan. Dalam baksos ini kami menyerahkan bantuan uang tunai Rp 10 juta dan natura atau barang senilai tujuh juta, sedangkan Bonek Waru juga ikut menyumbang kaos Bonek, barang, serta uang sebesar lima juta,” jelasnya.

 

Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro yang ikut dalam rombongan ini menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan penggalangan donasi dari masyarakat agar penanganan korban bencana pasca erupsi Gunung Semeru tetap dapat dilakukan seperti membangun kembali rumah ibadah, sekolah ,TPQ, dan rumah warga yang rusak.

 

Baksos ini diikuti oleh Camat Waru, Wakil Sekretaris MWCNU Waru, Ketua UPZIS LAZISNU Waru, Ketua MWC Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Waru, Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro, Ketua MWC LPBINU, dan sejumlah pengurus banom serta lembaga lainnya.


Metropolis Terbaru