• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Metropolis

Bangkitkan UMKM, Ansor Sidoarjo Gandeng Pemkab Gelar Pasar Murah

Bangkitkan UMKM, Ansor Sidoarjo Gandeng Pemkab Gelar Pasar Murah
Panitia berkunjung ke stand UMKM PC Fatayat NU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)
Panitia berkunjung ke stand UMKM PC Fatayat NU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo menggelar pembukaan pasar murah di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (10/12/2021). Pasar murah tersebut diselenggarakan berkat sinergi antara PC GP Ansor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Sidoarjo.

 

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidoarjo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag), dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo. Tampak hadir pula beberapa pengurus PC GP Ansor Sidoarjo, Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA), PC Muslimat NU, dan FKPPI Sidoarjo.

 

Ketua panitia pelaksana dari PC GP Ansor Sidoarjo H Rifkan Fanani mengatakan, pasar murah yang dibuka secara resmi oleh Sekda Sidoarjo ini diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Lahir (Harlah) NU ke-99. Dalam acara pembukaan pasar murah tersebut juga dilaksanakan doa untuk keselamatan bangsa dan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru.

 

“Pasar murah ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sidoarjo akibat dampak pandemi. Selain itu guna membantu masyarakat mendapatkan  sembako dengan harga murah,” katanya saat ditemui NU Online Jatim usai acara pembukaan.

 

Lebih lanjut, dirinya menambahkan, pasar murah tersebut akan dilangsungkan tanggal  10-19 Desember 2021. Panitia telah menyediakan 100 stand yang menawarkan berbagai produk seperti makanan, minuman, pakaian, sepeda motor, dan lainnya. Terdapat juga stand UMKM PC Fatayat NU Sidoarjo untuk turut menyemarakkan pasar murah ini.

 

“Kami bekerja sama dengan Disperindag juga menyediakan paket sembako murah sekitar 3000 paket dengan harga hanya 20 ribu per paketnya melalui sistem kupon. Panitia juga menyediakan panggung untuk menghibur pengunjung selama pasar murah berlangsung,” imbuhnya.

 

Dijelaskannya, kegiatan-kegiatan yang bakal meramaikan acara pasar murah ini diantaranya festival anak sholeh (lomba Pildacil, lagu Islami, MTQ, Tahfidz Juz 30), dan anugerah UMKM Award 2021.

 

“Kemudian juga ada lomba fashion hijabers, gebyar Shalawat dan puisi PC Fatayat NU Sidoarjo. Adapun sebagai puncaknya akan digelar festival banjari se-Jatim oleh PC GP Ansor Sidoarjo,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru