• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 29 Januari 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

NU Sidoarjo Peduli Semeru Kembali Kirim Donasi Ratusan Juta

NU Sidoarjo Peduli Semeru Kembali Kirim Donasi Ratusan Juta
Tim NU Sidoarjo Peduli saat menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru di Posko MWCNU Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Tim NU Sidoarjo Peduli saat menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru di Posko MWCNU Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tim Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo Peduli yang digawangi NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo kembali menyalurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (11/12/2021).

 

Rombongan relawan tim NU Sidoarjo Peduli yang berjumlah sekitar 20 orang tersebut berangkat dari Sidoarjo dengan mengendarai sejumlah mobil pribadi, ambulans, dan pickup, dengan total 11 kendaraan. 

 

Setelah menempuh perjalanan sekitar tiga jam, tim relawan tiba di Lumajang kemudian langsung menuju ke Posko bersama di Pesantren Ulul Albab, Desa Panggunglombok, Kecamatan Candipuro dan disambut hangat oleh Gus Fahrurrozi selaku pengasuh pesantren.

 

Gus Fahrurrozi menuturkan, bahwa Posko Bersama yang dipusatkan di pesantrennya tersebut menaungi 20 Posko NU yang tersebar di beberapa tempat terdampak bencana. Selain itu, ada sekitar 300 orang pengungsi yang tinggal di pesantrennya. Menurutnya, saat ini kebutuhan logistik dan obat-obatan sudah cukup.

 

“Yang perlu dipikirkan bersama adalah nasib para korban terdampak bencana ke depannya, seperti tempat ibadah, rumah tinggal, pendidikan, dan fasilitas umum lainnya. Kami saat ini juga membutuhkan banyak relawan sopir dan tenaga loading barang logistik,” tutur mantan Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lumajang tersebut.

 

Sementara, Koordinator lapangan Tim NU Sidoarjo Peduli Chazib Hizbullah mengatakan, kegiatan kali ini selain bakti sosial (baksos) juga dalam rangka menghadiri Rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) yang digelar oleh NU Care-LAZISNU Jatim di Pesantren Darun Najah Kabupaten Lumajang pada 10-11 Desember 2021.

 

“Tim NU Sidoarjo Peduli juga sekaligus melakukan asesmen kebutuhan korban terdampak bencana untuk persiapan rencana penyaluran bantuan tahap berikutnya,” ucapnya.

 

Dijelaskannya, bantuan tahap kedua yang diserahkan kali ini senilai total Rp157.913.200. Dengan rincian bantuan uang tunai sejumlah Rp63.913.200 dan berupa Natura senilai Rp94.000.000. 

 

“Natura yang disalurkan itu berupa sembako, pakaian baru bayi, obat-obatan. Di samping itu juga ada sarung, mukena, sajadah, pampers, dan lainnya,” terangnya.

 

Menurutnya, bantuan berupa uang tunai dan Natura disalurkan saat kunjungan langsung di beberapa lokasi, yakni di Posko MWCNU Pasrujambe, MWCNU Candipuro, dan sejumlah pengungsi di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh.

 

“Sebanyak 11 orang relawan juga akan tinggal sekitar lima hari di Posko Bersama sebagai relawan driver dan loading logistik,” jelasnya.

 

Ketua Ranting NU Sumberwuluh, Ustadz Muhsin, berharap ada bantuan tambahan personil tenaga relawan dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di lingkungan desanya yang terdampak bencana dan jaraknya sekitar 15,6 kilometer dari Gunung Semeru

 

“Di depan rumah saya ini atas nama Pos Bantu NU, masih sedikit sekali yang jaga dan hanya sebentar saja. Kami sangat mengharapkan ada banyak relawan dari GP Ansor dan Banser yang jaga disini mulai pagi hari sampai jam 12 malam, untuk persiapan evakuasi kalau ada erupsi susulan,” tuturnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru