• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Matraman

NU Peduli Semeru

NU Nganjuk Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Tembus Rp52 Juta

NU Nganjuk Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Tembus Rp52 Juta
Flyer informasi update hasil penggalangan dana NU Nganjuk untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Flyer informasi update hasil penggalangan dana NU Nganjuk untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Melalui Satuan Tugas (Satgas) NU Nganjuk Peduli, berbagai pihak bahu-membahu menggalang donasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Hal itu akibat gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut memuntahkan lahar panas pada Sabtu (04/12/2021) lalu.

 

Donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru tersebut hingga berita ini ditulis mencapai Rp52 Juta, dan akan terus bertambah seiring akan terus dilakukannya penggalangan dana. Informasi itu disampaikan langsung oleh Koordinator Satgas NU Nganjuk Peduli, Muhajir.

 

“Bismillah, warga Lumajang butuh kita. Beberapa relawan sudah berangkat menuju lokasi. Aksi kepedulian sosial ini menjadi sarana kebersamaan dan syiar kita,” ungkap Muhajir kepada NU Online Jatim, Jumat (10/12/2021).

 

Muhajir juga menginformasikan, beberapa hal yang dibutuhkan warga terdampak di lokasi. Mulai dari memerlukan masker, terpal, genser, makanan siap saji, alas tidur, air bersih, oxygen, serta obat-obatan.

 

“Adapun relawan NU Nganjuk yang berangkat di antaranya tenaga kesehatan, manjemen logistik, dan relawan dengan kompetensi ops SAR,” terangnya. 

 

Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Nganjuk menyebutkan, ada pula tenaga bakti sosial bersih-bersih yang dibekali peralatan komplit, seperti kereta dorong, cangkul, skop, pompa air, genset, dan alat kebersihan. Mereka semua diberangkatkan ke Lumajang oleh NU Nganjuk.

 

Tidak hanya bantuan makanan dan dukungan psikis, NU Nganjuk Peduli menargetkan pembangunan fasilitas umum. Baik itu berbentuk masjid, mushala atau  madrasah diniyah yang rusak.

 

“Kami akan berangkat menyalurkan bantuan tahap pertama pada Sabtu (11/12/2021) nanti. Bantuan akan lebih difokuskan pada recovery tempat ibadah dan sekolah, dengan harapan akan membantu dan meringankan beban mereka, juga agar anak-anak kembali dalam kondisi ceria dan normal,” harapnya.

 

Sementara itu, Muhajir melaporkan, penggalangan donasi tahap pertama akan ditutup pada tanggal 21 Desember 2021 mendatang. Masyarakat yang hendak donasi dapat langsung menyerahkan ke Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk.

 

Donasi dapat pula dilakukan dengan ditransfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) nomor 7141169135 atau (BRI) 0056-01-017903-53-7 atas nama LAZISNU Nganjuk, dan melakukan konfirmasi melalui WA 0896-5372-3807.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru