• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

Semeru Erupsi, NU Peduli Kerahkan Ratusan Personel

Semeru Erupsi, NU Peduli Kerahkan Ratusan Personel
Tim NU Peduli Semeru saat distribusi logistik kepada warga terdampak di Lumajang. (Foto: NU Online)
Tim NU Peduli Semeru saat distribusi logistik kepada warga terdampak di Lumajang. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim

Ratusan personel Tim Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Semeru dikerahkan untuk melakukan evakuasi korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Tim gabungan sejumlah elemen NU tersebut juga melakukan pendistribusian bantuan. 

 

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Lumajang, Ahmad Majid Ridwan mengatakan, proses pencarian korban dilakukan berkoordinasi dengan posko induk pemerintah dan relawan lintas elemen ke Kampung Renteng di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. 

 

“NU Peduli Semeru juga turut serta bersama posko induk pemerintah dan relawan lintas elemen, melakukan evakuasi korban di Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro,” katanya dilansir NU Online, Kamis (09/12/2021). 

 

Menurut Ridwan, saat ini tim gabungan dari LPBI NU, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Kediri berjumlah 188 orang.

 

Tak hanya itu, pihaknya juga menyalurkan sejumlah kebutuhan logistik bagi para pengungsi. Antara lain 1.228 paket sembako, 244 paket balita, 712 dus pakaian layak, 1.234 paket alat mandi, alas tidur, sandal jepit, dan 58 selimut.

 

“Ada pula 236 paket vitamin dan obat-obatan, 1.224 dus air mineral, dan 314 paket roti dan biskuit. Semuanya itu didistribusikan ke titik-titik rumah warga yang ada pengungsi di Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Pasirian,” terang Ridwan.

 

Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan sejumlah kendaraan yang terdiri dari 4 unit mobil pick up, 2 unit ambulans, 5 unit minibus, dan 52 unit motor. Penyaluran bantuan juga dilakukan oleh relawan NU Peduli kepada para pengungsi yang langsung mendatangi posko. 

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan korban meninggal dunia akibat bencana Semeru saat ini bertambah menjadi 39 orang. 

 

“Data korban jiwa per Kamis (09/12/2021), tercatat korban meninggal dunia 39 orang dan hilang 13 orang,” ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dikutip dari Antara. 

  

Selain itu, jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru dikatakan terus meningkat. Pada Kamis (09/12/2021), dilaporkan jumlah pengungsi sebanyak 6.022 jiwa yang tersebar di 155 titik pos pengungsian.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru