• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

Kamis Subuh, LAZISNU Jatim Berangkatkan Bantuan untuk Korban Semeru

Kamis Subuh, LAZISNU Jatim Berangkatkan Bantuan untuk Korban Semeru
Pemberangkatan tim LAZISNU Jatim dan Aula Care Center. (Foto: NOJ/Boy)
Pemberangkatan tim LAZISNU Jatim dan Aula Care Center. (Foto: NOJ/Boy)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim ba’da Subuh Kamis, (09/12/2021) berangkat menuju Lumajang dengan membawa tiga armada ambulans guna memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

 

Sekretaris LAZISNU Jatim Rofi'i Boenawi menginformasikan kali ini NU Jatim peduli akan menyalurkan peralatan sholat.

 

“Hari ini LAZISNU Jatim dan Aula Care Center menuju Desa Sumber Wulu, Kecamatan Candipuro untuk mendistribusikan peralatan sholat seperti 1000 sarung, sajadah dan mukena,” ucapnya kepada NU Online Jatim.

 

Rofi'i kemudian mengatakan bahwa ini penyaluran tahap awal yang nantinya akan disusul dengan aksi sosial dengan memberikan bantuan sosial oleh Lazisnu se Jatim pada Sabtu (11/12/2021).

 

“Aksi sosial ini diikuti oleh seluruh LAZISNU se-Jatim dalam rangka Rapat Koordinasi Wilayah,” katanya.

 

Bantuan yang akan dikirim adalah makanan pokok, makanan siap saji, trauma healing yang dibentuk oleh LAZISNU yang bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan mendirikan posko kesehatan di beberapa titik.

 

Sebelumnya, Senin (06/12/2021) Rofi’i dan tim LAZISNU datang ke Lamajang untuk melakukan asesmen lapangan untuk mengetahui keputuhan apa yang diperlukan para korban.

 

“Dari asesmen itu kami menyimpulkan ada tiga titik kebutuhan, perlengkapan ibadah, trauma healing dan posko Kesehatan," ungkapnya.

​​​​​​​

Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar melalui video singkat mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya warga NU, untuk berdonasi guna membantu para korban erupsi Gunung Semeru.

 

"Kaum muslimin warga NU, pengurus NU, para aghniya, mari kita berdonasi, kita membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang kena musibah di Semeru," ajak Kiai Marzuki.

​​​​​​​

Kiai Marzuki juga mengingatkan agar donasi disalurkan melalui LAZISNU di tiap kecamatan yang nantinya LAZISNU di tingkat kecamatan akan berkoordinasi dengan LAZISNU di tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur. Setelah koordinasi terjalin dan pengumpulan donasi melalui LAZISNU telah dilakukan, akan segera disalurkan kepada korban erupsi Gunung Semeru. 


Metropolis Terbaru