• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Gus Muhdlor Bangga, Ishari Sidoarjo Berkembang Pesat

Gus Muhdlor Bangga, Ishari Sidoarjo Berkembang Pesat
Ishari Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy)
Ishari Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor senang akan perkembangan pesat Ikatan Seni Hadrah Indonesia Nahdlatul Ulama (Ishari) di Sidoarjo. Hal tersebut menjadikan dirinya tidak lagi minder dengan kabupaten lain yang telah memiliki ribuan anggota.


Hal tersebut disampikan oleh Gus Muhdlor saat memberi sambutan acara ‘Gema Bershalawat dengan 5000 Penerbang’ di area parkit timur di GOR Sidoarjo, Sabtu (13/08/2022) malam.


“Kalau delapan bulan lalu waktu kumpul di Pendopo ada sekitar dua ribu anggota Ishari, tapi sekarang sudah ada kenaikan yang cukup signifikan,” tuturnya.


Pada acara yang diinisiasi oleh PC Ishari NU Sidoarjo itu, bupati muda tersebut menegaskan perkembangan pesat Ishari di Sidoarjo dalam waktu singkat akan terus ia kawal selama lima tahun ke depan. Pihaknya menginginkan semua ranting di Sidoarjo Isharinya dapat aktif.


“Oleh karena itu nanti akan kita cari desa mana saja yang belum dapat terbang. Karena ada seratus terbang yang saat ini belum diambil,” ucapnya.


Dengan fasilitas terbang yang sudah diberikan, Gus Muhdlor tidak ingin ada ranting yang beralasan tidak bisa berangkat hadir mengikuti Ishari di Pendopo karena tidak punya terbang.


“Ketika bicara Ishari berarti bicara dua hal sekaligus. Pertama syiar Islam berupa shalawat dan kedua bicara melestarikan budaya,” terangnya.


Gus Muhdlor menyakini penyanyi religi seperti Maher Zain tidak akan bisa kalau diminta memimpin Ishari. Bukan karena dia tidak bisa menyanyi, tetapi karena di Ishari ada budaya khusus. Budaya ini harus dipastikan selalu ada dengan melestarikan dan menyebarkan


"Meski target telah terpenuhi, sekarang saya ingin membuat target baru untuk bisa mengungguli Pasuruan, Mojokerto dan Gresik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo siap untuk mendukung Ishari Sidoarjo,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru