• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Metropolis

Gus Muhdlor Resmikan Renovasi Masjid di Tulangan Sidoarjo

Gus Muhdlor Resmikan Renovasi Masjid di Tulangan Sidoarjo
Peresmian Renovasi Masjid Al Ihsan oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dengan Gebyar Sholawat bersama Habib Anis Syahab dari Jakarta. (Foto: NOJ/Maschan)
Peresmian Renovasi Masjid Al Ihsan oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dengan Gebyar Sholawat bersama Habib Anis Syahab dari Jakarta. (Foto: NOJ/Maschan)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor menghadiri peresmian Masjid Al Ihsan, Desa Sudimoro, Tulangan Sidoarjo, Ahad (24/07/2022). Kegiatan tersebut dirangkai dengan gebyar sholawat bersama Habib Anis Syahab dari Jakarta.

 

Tampak Hadir, anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Pengurus PCNU Sidoarjo, MWCNU Tulangan, PRNU se Kecamatan Tulangan, Forkopimka serta kepala desa setempat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gus Muhdlor menyampaikan rasa bangga dan kagumnya karena bangunan masjid yang tampak modern dan menarik dengan cahaya lampu yang beragam. Ia berharap dengan adanya bangunan interior seperti ini dapat mengundang antusias jamaah dalam memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

 

“Jangan berbangga karena memiliki masjid yang megah ini, akan tetapi juga harus berlomba dalam memakmurkan dan meramaikan masjid dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, khususnya dalam sholat lima waktu,” ujarnya.

 

Ia juga mengapresiasi ratusan jamaah yang hadir dari berbagai daerah di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Hal tersebut menunjukkan rasa cinta dan kerinduan terhadap Rasulullah dengan hadir di majelis sholawat.

 

Lebih lanjut, Gus Muhdlor mengatakan bahwa pembangunan atau merenovasi masjid harus didasari niat untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Hal tersebut sesuai dengan fungsi utama masjid sebagai tempat peribadatan.

 

“Semua hal yang didasari hanya karena Allah akan mendapatkan hasil yang baik dan bermanfaat bagi semua orang, Semoga setelah renovasi masjid ini dapat menjadi ladang pahala dan sumber keberkahan bagi masyarakat,” katanya.

Putra KH Agoes Ali Masyhuri tersebut mengajak masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi masjid untuk mendukung pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Menurutnya, masjid dapat menjadi pusat berbagai kegiatan kemasyarakatan, seperti pada pendidikan, ekonomi, budaya, serta politik.

 

“Seluruh masyarakat harus menanamkan rasa memiliki bersama untuk menjaga dan merawat masjid. Jadikan masjid menjadi tempat yang ramah dan nyaman bagi semua kalangan masyarakat, khususnya para remaja dalam belajar dan berkegiatan,” lanjutnya.

 

Ia menuturkan agar seberapa besar permasalahan hidup tidak mengurangi kualitas ibadah kita kepada Allah swt. Adanya suatu cobaan merupakan cara Allah mengingatkan kita untuk lebih mendekatkan diri dengan memperbanyak ibadah dan dzikir.

 

“Jangan sampai meninggalkan Allah swt, jangan sampai menjauh dari rumah Allah swt (masjid). Dengan begitu, ketenangan hati dapat dicapai serta segala urusan akan dipermudahkan,” tuturnya.

 

Diketahui, revonasi Masjid Al Ihsan membutuhkan anggaran sebesar 6 Milyar yang dihasilkan dari upaya penggalangan dana di jalan raya. Adapun waktu pengerjaan selama 1 tahun 9 bulan. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.


Metropolis Terbaru