• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Metropolis

Hebat, Santri Amanatul Ummah Lolos Kuliah Robotik di Kampus Nomor Satu Asia

Hebat, Santri Amanatul Ummah Lolos Kuliah Robotik di Kampus Nomor Satu Asia
Flyer. (Foto: NOJ/Boy)
Flyer. (Foto: NOJ/Boy)

Mojokerto, NU Online Jatim

Ahmad Rizqi Hidayat, santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto berhasil masuk di National University of Singapore (NUS). Universitas ini terbaik nomor satu se-Asia dan nomor sebelas dunia versi QS World University Rangkings tahun 2022.  

 

Sebelum diterima di NUS, dirinya mengaku dirinya sempat gagal masuk di kampus Jepang dan Korea.

 

“Sebelumnya  saya mendaftar ke Nagoya University Jepang dan sudah lolos ke tahap interview. Pada saat interview ada tahap tes tulisnya. Karena pada saat itu kurang persiapan untuk tes tulis, akhirnya saya tidak lolos,” ujarnya saat dihubungi NU Online Jatim, Selasa (26/07/2022) malam.

 

Santri yang juga siswa Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah itu juga menceritakan dirinya sempat mendaftar di KAIST Korea namun gagal di tahap pemberkasan. Kendati diterima di beberapa kampus bergengsi, dirinya mengungkapkan alasannya mengejar NUS.

 

“Alasan saya ingin kuliah di NUS karena jika dilihat QS Ranking by Subject di bidang engineering, kampus ini memiliki peringkat yang tinggi. Terlebih saya rasa dengan berkuliah di sini, saya dapat mencapai target karir saya di masa depan yaitu mendirikan perusahaan,” ungkapnya.

 

Terkait alasan jurusan Mechanical Engineer Robotic Specialization yang dipilih karena santri umur delapan belas tahun ini mengaku sejak kecil sudah berkutik di bidang robotic. Sehingga sedikit banyak paham di bidang ini. Ditambah, di era industrialisasi ini, otomatisasi suatu sistem sangat dibutuhkan untuk persaingan di bidang ekonomi agar tidak tertinggal oleh suatu persaingan dan membuatnya lebih efisien.

 

“Saya berharap dapat meningkatkan skill dan pengetahuan yang saya miliki dan bergaul orang-orang yang memiliki minat yang sama,” terangnya.

 

Rizqi lantas meminta doa untuk kesuksesannya belajar di Singapura, yang rencananya akan berangkat awal bulan Agustus mendatang. 

 

"Saya mohon doa agar diberi kelancaran saat kuliah. Insyaallah berangkat ke Singapura awal Agustus," pungkasnya.


Metropolis Terbaru