• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

HUT ke-77 RI, Ribuan Santri Mahika Sidoarjo Bentuk Mozaik Garuda

HUT ke-77 RI, Ribuan Santri Mahika Sidoarjo Bentuk Mozaik Garuda
Mozaik burung Garuda raksasa bikinan santri Mahika Sidoarjo di momen HUT ke-77 RI. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Mozaik burung Garuda raksasa bikinan santri Mahika Sidoarjo di momen HUT ke-77 RI. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Ribuan santri Pondok Pesantren Manba'ul Hikam (Mahika) Putat, Tanggulangin, Sidoarjo membentuk mozaik tiga dimensi burung Garuda raksasa. Hal ini merupakan atraksi persembahan santri Mahika di momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).


Atraksi mozaik burung Garuda tersebut dilakukan saat pelaksanaan upacara bendera HUT ke-77 RI yang dipusatkan di lapangan desa setempat, Rabu (17/08/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh ribuan santri serta dihadiri segenap keluarga besar dan civitas Pesantren Mahika.


Ketua Yayasan Pesantren Mahika, Abuya KH Abdul Wachid Harun selaku pembina upacara mengingatkan betapa besarnya jasa para pahlawan untuk bangsa Indonesia.


“Jasa para pahlawan untuk bangsa ini sangatlah besar dan patut ditiru, mari kita lanjutkan semangat perjuangan para pahlawan dengan cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini. Pesantren merupakan elemen bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjuangan kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.


Menurutnya, fakta sejarah telah mencatat bahwa pesantren merupakan basis pendidikan tertua di Indonesia yang telah melahirkan banyak pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.


“Upacara ini dilaksanakan di lingkungan pesantren guna memupuk rasa nasionalisme santri. Kami berharap, pesantren ke depan harus bisa mencetak santri yang nasionalis dan religius,” tegasnya.


Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Teguh Harianto mengatakan, upacara peringatan HUT RI ini rutin diselenggarakan setiap tahun di pesantren yang didirikan oleh KH Khozin Mansur (santri KH M Hasyim Asy’ari) itu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan santri kepada bangsa Indonesia.


“Selain itu, santri Mahika setiap tahunnya selalu mempersembahkan kreatifitasnya sebagai wujud kecintaan kepada bangsa Indonesia. Tahun ini, santri Mahika mempersembahkan atraksi mozaik tiga dimensi berbentuk burung Garuda raksasa,” katanya..


Sebelumnya, pada momen yang sama, santri Mahika pernah menampilkan mozaik berbentuk peta Indonesia pada tahun 2020 dan bendera merah putih raksasa ukuran 45 meter x 19 meter di tahun 2021.


“Atraksi mozaik ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan santri,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru