• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Ini Panca Harakah Filantropi LAZISNU Jatim

Ini Panca Harakah Filantropi LAZISNU Jatim
Draft Panca Harakah Filantropi LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/ist)
Draft Panca Harakah Filantropi LAZISNU Jatim. (Foto: NOJ/ist)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Jatim telah selesai menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) 2021 pada Ahad (12/12/2021) di Pondok Pesantren Darun Najah Lumajang.

 

Rakorwil ini memutuskan lima Gerakan (Panca Harakah) Filantropi yang dituangkan dalam surat nomor: 405/A-KR/LAZISNU-JATIM/XII/2021. Untuk itu, PW NU Care-LAZISNU Jatim bersama UPZIS NU Care-LAZISNU Kabupaten/Kota se-Jatim berkomitmen sebagai berikut:

 

  1. Optimalisasi NU Care-LAZISNU dengan empat fungsi sekaligus. Pertama menjadi lembaga dan perangkat organisasi di bawah Nahdlatul Ulama yang garis intruksi dan ketaatan organisasinya tegak lurus kepada Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziah di masing-masing tingkatan. Kedua, menjadi amil/pengelola yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, mengelola, mendistribusikan, dan melaporkan dana zakat, infaq, shadaqah (ZIS) dan dana sosial lainnya. Ketiga, menjadi koordinator untuk melakukan  pembinaan dan konsolidasi organisasi bersama NU Care-LAZISNU di tingkat bawahnya. Keempat, menjadi bagian tidak terpisah dari NU Care-LAZISNU di tingkat atasnya yang terkoordinasi dan terkonsolidasi.
  2. Melakukan pemetaan potensi dan program unggulan di masing-masing wilayah kerjanya untuk kemudian diadopsi di daerah lain.
  3. Memaksimalkan fundraising digital multi-platform dengan menyelenggarakan pelatihan, pendampingan dan ikhtiar pendukung lainnya.
  4. Melakukan konsolidasi laporan keuangan pengelolaan dana ZIS sesuai standar akuntansi di masing-masing wilayah kerjanya untuk kemudian dilaporkan secara bertingkat (desa-kecamatan-kabupaten/kota-PW-PP) minimal satu semester sekali.
  5. Memaksimalkan penggalangan dan pengelolaan dana bantuan untuk penanganan bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang di bawah koordinasi PW NU Care-Lazisnu Jawa Timur, khususnya dalam rangka membantu proses recovery pasca bencana.

 

Surat keputusan rapat ini di tanda tangani oleh Ketua NU Care-LAZISNU Jatim A Afif Amrullah, sekertaris Rofi’i Boenawi dan empat saksi H Khoiruddin, Abd Makkin, H Yusuf Affandy, H Thohir Fauzi.

 

Diberitakan NU Online Jatim sebelumnya, di akhir acara pembukaan Rakorwil, LAZISNU Jatim secara simbolis menyerahkan bantuan Rp 100 juta kepada LAZISNU Lumajang. Juga memberikan titipan bantuan uang Rp 72 juta dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia dan New Zealand.


Metropolis Terbaru