• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 24 April 2024

Metropolis

Innalillahi, Pengasuh Pesantren Qomaruddin Bungah KH Iklil Sholeh Tutup Usia

Innalillahi, Pengasuh Pesantren Qomaruddin Bungah KH Iklil Sholeh Tutup Usia
KH M Iklil Sholeh adalah Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)
KH M Iklil Sholeh adalah Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim

Kabar duka kembali melingkupi Nahdlatul Ulama dan pesantren di Jawa Timur. Adalah KH M Iklil Sholeh tutup usia di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Ahad (05/02/2023) malam, innalillahi wainna ilaihi rajiun.


Almarhum merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Tercatat pernah menjabat Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, dan meninggal dunia di usia 65 tahun.


Informasi yang dihimpun, Kiai Iklil yang juga paman Wakil Bupati Gresik, Hj Aminatun Habibah itu meninggal dunia, sekitar pukul 21.45 WIB. Rencananya, shalat jenazah akan dilaksanakan Senin (06/02/2023), pukul 13.00 WIB, di Langgar Agung, Pesantren Qomaruddin, Sampurnan.


Kepergian Kiai Iklil pun mengundang duka cita mendalam dari banyak kalangan. Termasuk dari NU, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik, dan sejumlah pihak. Termasuk KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), salah seorang alumni Pesantren Qomaruddin.


“Keluarga besar MUI Kabupaten Gresik turut berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya KH Muhammad Iklil Sholeh. Semoga almarhum husnul khatimah, alfatihah,” kata Ketua MUI Gresik, KH Mansur Shodiq.


Kiai Iklil adalah keturunan dari KH Qomaruddin, pendiri Pesantren Qomaruddin. Silsilahnya, almarhum adalah putra dari Nyai Khadijah binti KH Ismail bin KH Soleh bin KH Abu Ishak bin Nyai Rosiyah binti KH Harun bin KH Qomaruddin.


Selama hidup, almarhum menimba ilmu di sejumlah pesantren di bawah asuhan kiai-kiai sepuh. Di antaranya,  Pesantren Al-Fadlu, Kaliwungu, Kendal, juga Pesantren Yanbu’ul Quran, Kudus, hingga Pesantren Alawiyah, Senori, Tuban.


Pesantren Qomaruddin termasuk salah satu pesantren tua di Kabupaten Gresik. Pada malam anugerah 1 abad NU, pesantren ini juga masuk sebagai penerima penghargaan dari PBNU karena usianya sudah lebih dari 100 tahun. Hingga kini  jumlah santri dan anak didiknya ribuan orang. Pesantren ini juga memiliki perguruan tinggi, yakni, Universitas Qomaruddin.


Editor:

Metropolis Terbaru