• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Metropolis

Innalillahi, Rais PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'shum Hari Ini Wafat

Innalillahi, Rais PCNU Gresik KH Mahfudz Ma'shum Hari Ini Wafat
Rais PCNU Gresik, KH Mahfudz Ma'shum wafat Sabtu dini hari ini. (Foto: NOJ/Syafik H)
Rais PCNU Gresik, KH Mahfudz Ma'shum wafat Sabtu dini hari ini. (Foto: NOJ/Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim
Kabar duka kembali melingkupi warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin Jawa Timur khususnya di Gresik. Kali ini KH Mahfudz Ma'shum, Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik wafat Sabtu (15/10/2022) dini hari.


Kabar meninggalnya kiai yang lebih akrab disapa Kiai Fud tersebut disampaikan keponakan almarhum, Gus Atha Syifa Nugraha. Yang bersangkutan merupakan keluarga dari Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Kecamatan Dukun, Gresik.


"Inggih benar Yai Fud tilar pada pukul 00.25,” kata Gus Atha yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Majelis Dzikir dan Shalawat  Rijalul Ansor (MDS RA) Gresik tersebut.


Informasi atas meninggalnya Kiai Fud ramai di grup WhatsApp karena tercatat merupakan sosok yang demikian penting di Gresik. Amanah yang disandang saat ini sebagai Rais PCNU Gresik memberikan pesan bahwa almarhum adalah sosok yang demikian istimewa.


Kiai Fud tercatat sempat dirawat di rumah sakit Ibnu Sina Gresik karena keluhan kesehatan yang diderita.


Sosok almarhum demikian pentung karena di samping tercatat sebagai Rais PCNU Gresik, dalam keseharian merupakan pemangku Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun. Sosoknya kerap menjadi rujukan sejumlah kalangan terutama di Gresik ketika ada masalah yang mendesak untuk dipecahkan. 


Almarhum lahir pada 06 Mei 1942 dan merupakan anak ketiga dari 13 putra putri KH Ma'shum Sufyan yang merupakan pendiri Pesantren Ihyaul Ulum Desa Dukunanyar Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. 


Kepada Nahdliyin yang akan memberikan penghormatan terakhir dapat merapat ke rumah duka karena jenazah akan dishalatkan hari ini setelah shalat dhuhur di Masjid Jami' Dukun.


Editor:

Metropolis Terbaru