• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Metropolis

Jelang Gerhana Bulan Total, Nahdliyin Diminta Shalat Sunnah

Jelang Gerhana Bulan Total, Nahdliyin Diminta Shalat Sunnah
Gerhana Bulan Total (Foto: Liputan6).
Gerhana Bulan Total (Foto: Liputan6).

Surabaya, NU Online Jatim

Peristiwa gerhana bulan total diprediksi akan terjadi pada Rabu (26/05/2021) mendatang. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur nomor 68/LFNU.II/L/V/2021.

 

Ketua PW LFNU Jawa Timur, Shofiyulloh, memperkirakan gerhana bulan total tersebut meliputi Amerika, Asia, Rusia Timur, hingga sebagian wilayah di Australia. Dirinya menyebutkan, bahwa lama gerhana 3 jam 7 menit 29 detik. Di Indonesia sendiri, gerhana bulan bisa diamati sekira pukul 16.44 hingga 19.52 WIB.

 

"Tapi, kemungkinan tidak berlaku untuk daerah Indonesia bagian Barat. Sebab, saat itu bulan masih belum terbit,” ujarnya dilansir liputan6, Jum’at (21/5/2021).

 

Atas dasar hal itu, dirinya mengimbau kepada nahdliyin di Jawa Timur untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana bulan, ketika fenomena alam itu berlangsung. Mengingat, hal tersebut juga tersirat dalam sunnah Rasulullah SAW.

 

"Kami juga beharap kepada lembaga terkait di Jawa Timur untuk melakukan observasi gerhana. Karena hal ini sangat berguna bagi kemajuan Ilmu Falak nantinya," pungkasnya.


Metropolis Terbaru