• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

Pendaftaran Dibuka Hingga Juni, Berikut Jenis-jenis Beasiswa LPDP

Pendaftaran Dibuka Hingga Juni, Berikut Jenis-jenis Beasiswa LPDP
Isitmewa
Isitmewa

Surabaya, NU Online Jatim

 

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selalu menjadi buruan calon mahasiswa. Sebab, beasiswa ini memberikan hampir seluruh biaya kuliah untuk penerimanya. Beasiswa ini ada beberapa jenis-jenis yang bisa diperoleh calon penerima.

 

Kini, pendaftaran tahap pertama beasiswa LPDP ini telah dibuka hingga 1 Juni 2021 mendatang.

 

"LPDP memberikan hampir seluruh biaya yang dibutuhkan oleh rekan-rekan semua. Ini terdiri dari dana pendidikan, dana hidup bulanan, biaya pendukung, tunjangan, termasuk untuk doktoral akan ada tunjangan keluarga, itu kita lakukan guna mendukung semuanya kuliah kemudian kembali ke Indonesia untuk mengabdi," kata Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso seperti dikutip CNNIndonesia.com.

 

Adapun jenis-jenis beasiswa LPDP ini yaitu:

1. Program beasiswa afirmasi

Beasiswa afirmasi merujuk pada peserta tertentu. Pertama, beasiswa program afirmasi ditujukan untuk orang dengan kebutuhan khusus atau difabel, peserta di daerah afirmasi, serta peserta pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta bidik misi saat menempuh program sarjana strata-1 (S1).

 

Adapun daerah afirmasi adalah wilayah yang masuk dalam kategori daerah terdepan, terpencil, tertinggal (3T).

 

Dwi mengatakan, 96 kabupaten/kota dari 11 provinsi termasuk dalam kategori afirmasi. Sebagian besar berasal dari wilayah timur Indonesia, seperti Provinsi Maluku, NTT, Papua dan Papua Barat.

 

"Untuk Papua dan Papua Barat, ada beasiswa afirmasi. Kemudian ada syarat khusus IPK, dan kemampuan bahasa. Di daerah afirmasi ini kami beri dukungan lebih," kata Dwi.

 

2. Beasiswa targeted

Beasiswa targeted ditujukan khusus untuk PNS, TNI, dan Polri. Peserta LPDP dari instansi pemerintahan tersebut harus memiliki surat persetujuan dari pimpinan lembaganya untuk mengikuti pendidikan jika diterima kelak.

 

Program beasiswa targeted juga ditujukan kepada para pelaku usaha atau wirausahawan untuk meneruskan kuliah program magister ke luar negeri. Dwi mengatakan, program beasiswa khusus wirausaha kini dibuka melihat tren masyarakat di kancah bisnis global.

 

"Sasaran beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi WNI yang bergerak dalam bidang kewirausahaan, melihat potensi usaha di dunia global ikut berkembang," tutur Dwi.

 

3. Beasiswa reguler

Terakhir, namun paling banyak peminatnya adalah program beasiswa LPDP reguler. Program reguler, ditujukan kepada siapa saja yang ingin meneruskan pendidikan sarjana, magister, atau doktoral.

 

Program beasiswa reguler ini juga terbuka untuk peserta yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi peringkat utama dunia (PTUD) di luar negeri. Karena program beasiswa reguler bisa diikuti siapa saja, tak heran banyak peminat mendaftar melalui 'pintu masuk' LPDP satu ini.

 

Adapun seleksi yang harus dilalui, baik bagi peserta afirmasi, targeted, atau reguler, memiliki tahapan yang sama. Pertama, melalui seleksi administrasi, seleksi substansi akademik (tes skolastik), seleksi wawasan kebangsaaan, dan interview.

 

Khusus untuk peserta yang memilih mendaftar di PTUD dengan LPDP, maka seleksi substansi akademik akan dilewati dan langsung melalui seleksi wawasan kebangsaan.

 

 

Pendaftaran LPDP tahap pertama sudah dibuka sejak 4 Mei dan akan berakhir pada 1 Juni 2021. Bagi Anda yang berminat mendaftar LPDP, Anda bisa mengikuti pendaftaran tahap dua yang akan digelar 1 Agustus-8 September mendatang.


Editor:

Metropolis Terbaru