• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Jelang Satu Abad NU, LP Ma'arif Kembangkan Konsep Literasi dan Numerasi

Jelang Satu Abad NU, LP Ma'arif Kembangkan Konsep Literasi dan Numerasi
Pelatihan literasi dan numerasi. (Foto: NOJ/yt)
Pelatihan literasi dan numerasi. (Foto: NOJ/yt)

Surabaya, NU Online Jatim

LP Ma’arif NU Jawa Timur terus berikhtiar untuk menciptakan pendidikan berkualitas jelang satu abad NU. LP Ma’arif NU Jawa Timur menjalin kerja sama dengan inovasi dalam program pengembangan pembelajaran literasi dan numerasi. Sunan Fanani, Manajer Program Inovasi LP Ma'arif NU Jawa Timur mengatakan pembelajaran literasi dan numerasi ini adalah konsep baru dalam pembelajaran.

 

“Konsep ini dinilai efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik di sekolah dasar,” kata Sunan Fanani, Kamis (24/06/2021).

 

Program ini akan melibatkan madrasah di bawah naungan LP Ma'arif NU di 4 daerah yakni Kabupaten Lamongan, Jombang, Mojokerto, dan Kota Malang.

 

“Kami menunjuk empat cabang yaitu Kabupaten Lamongan tepatnya LP Ma’arif Babat, Jombang, Mojokerto, dan Kota Malang. Keempat cabang ini memiliki tugas program yang berbeda-beda. Untuk Kota Malang dan Babat adalah mengembangkan program literasi. Sedangkan untuk program numerasi dilaksanakan oleh Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

 

Dirinya mengungkapkan, di fase kedua ini LP Ma’arif NU melatih para fasilitator daerah  yang nanti mereka akan menjadi contoh oleh para guru-guru mitra sasaran untuk melaksanakan pelatihan maupun pengembangan pembelajaran literasi maupun numerasi.

 

“Jadi hari ini kita latih fasilitator daerah dan mereka yang akan melatih guru-guru madrasah di KKG yaitu Kelompok kerja guru di tingkat kecamatan di masing-masing kabupaten/kota,” ungkapnya.

 

Selain itu, Sunan Fanani yang juga sekretaris LP Ma'arif NU ini menjelaskan saat ini LP Ma’arif NU sedang melakukan pelatihan pada Fasilitator Daerah atau Fasda.

 

“Fasda bertugas untuk mendefinisikan lebih luas pembelajaran literasi dan numerasi pada guru di masing-masing daerah,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru