• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Metropolis

Jelang Satu Abad, NU Bijak Sikapi Perkembangan Zaman

Jelang Satu Abad, NU Bijak Sikapi Perkembangan Zaman
KH Abdussalam Shohib Wakil Ketua PWNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/ Savira)
KH Abdussalam Shohib Wakil Ketua PWNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/ Savira)

Surabaya, NU Online Jatim

Jelang satu abad, tantangan yang dihadapi NU semakin kompleks. Tidak hanya terkait keummatan namun juga bagaimana respons NU terhadap perkembangan zaman.
 

Menurut KH Abdussalam Shohib Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, NU harus menyikapi dengan bijak dunia digital. Karena dengan sikap bijak itu, jamiyah ini tidak akan ketinggalan juga tidak boleh menggadaikan nilai-nilai utama yang dimiliki.
 

“Seorang yang bijak dan cerdas itu akan mengikuti perkembangan zaman dan akan bersikap sesuai kebutuhan zaman dengan tidak menggadaikan nilai-nilai fundamental, seperti akhlak dan norma-norma. Namun kita bisa menyesuaikan cara dan desainnya dengan massif di media sosial dan menggunakan platform digital. Karena jika tidak mengikuti zaman, dakwah yang kita tidak sampai di masyarakat,” katanya, Kamis (24/02/2022).
 

Dalam kesempatan Forum Grup Discussion (FGD) Pemimpin Redaksi se-Jawa Timur, Gus Salam juga mengungkapkan ada beberapa masukan yang diberikan para awak media kepada NU.
 

“Ada banyak masukan dari awak media kepada NU, di antaranya adalah digitalisasi di berbagai hal dan konsentrasi NU dalam kehadiran media di persoalan umat,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang itu.
 

Gus Salam memaparkan bahwa sebenarnya masukan-masukan tersebut selaras dengan fokus utama PWNU Jatim.
 

 

“Ini sebenarnya sama dengan fokus kita menjelang satu abad ini. Salah satunya yang paling kita inginkan adalah orientasi pelayanan umat yang maksimal. Makanya ada panca harakah yang di situ ada fasilitas kesehatan, BMTNU, literasi digital, pendidikan, dan pengkaderan. Itulah bentuk pelayanan NU kepada umat,” paparnya.


Editor:

Metropolis Terbaru