• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Pantura

Hari Sampah Nasional, Fatayat NU di Bojonegoro Raih Penghargaan

Hari Sampah Nasional, Fatayat NU di Bojonegoro Raih Penghargaan
PAC Fatayat NU Kanor, Bojonegoro saat mendapatkan penghargaan soal pengelolaan sampah dari Bupati setempat. (Foto: NOJ/ Luluk Ni'matul Rohmah)
PAC Fatayat NU Kanor, Bojonegoro saat mendapatkan penghargaan soal pengelolaan sampah dari Bupati setempat. (Foto: NOJ/ Luluk Ni'matul Rohmah)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kanor, Bojonegoro dari Bupati setempat, Anna Muawanah, Kamis (24/02/2022). Penghargaan tersebut diberikan dalam Festival Daur Ulang Sampah dan Peluncuran Bank Sampah Digital di Pendopo Malowopati, Bojonegoro.


Dalam ajang tersebut, Fatayat NU Kanor menyabet 6 penghargaan. Di antaranya, juara 1 video 10 menit oleh Bank Sampah Sedeng, Kanor, juara 2 video 10 menit oleh Bank Sampah Sarangan, Kanor, juara 1 video 1 menit oleh Bank Sampah Bungur, Kanor, juara 3 fashion daur ulang dan juara harapan 3 video 1 menit oleh Bank Sampah Sumberwangi, Kanor, serta juara Stand Bazar.


Ketua PAC Fatayat NU Kanor, Vesta Farida mengatakan, bahwa kerjasama, kekompakan dan saling mendukung menjadi pondasi penting dalam menggerakkan roda organisasi, terlebih ketika mengikuti sebuah kompetisi.


“Makanya, kesuksesan ini adalah kesuksesan bersama. Hasil dari kerja keras teman-teman semua, ini yang membuat kita bisa menampilkan yang terbaik,” tutur Vesta.


Vesta menyebutkan, bank sampah Fatayat NU Kanor saat ini sudah lengkap. Sebab menurutnya, hampir semua desa sudah terisi kegiatan bank sampah dan mempunyai kendaraan roda tiga semua.


Ia menambahkan, selain bimbingan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan PC Fatayat NU Bojonegoro, Fatayat Kanor juga berkoordinasi dengan Pemerintas Desa (Pemdes) maupun Pemerintah Kecamatan, bahkan beberapa Pemdes memberikan dukungan dana untuk kemajuan bank sampah ini.


“Sejauh ini, untuk pengelolaan sampahnya pun berjalan lancar, baik yang unorganik maupun yang organik,” lanjutnya.

 
Meskipun masih jauh dari sempurna, menurut Vesta ini cukup menjadi kado terindah di awal periode kedua di masa kepemimpinannya. Ia berharap, pengurus PAC Fatayat Kanor ke depan lebih kompak dan semangat lagi dalam berkhidmat.


“Jika niat kita ikhlas merawat bumi ini, maka bumi juga akan memberikan yang terbaik kepada kita,” pungkasnya.
 


Mewakili PAC Fatayat NU Kanor, Vesta juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bojonegoro atas semua yang sudah dilakukan untuk Bojonegoro, tak terkecuali inspirasi pengelolaan sampah ini.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati atas ide-ide dalam hal pengelolaan sampah ini,” tandasnya.


Pantura Terbaru