• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Pantura

NU Peduli Semeru

Peduli Semeru, LAZISNU Bojonegoro Bantu Dana Hingga Rp182 Juta

Peduli Semeru, LAZISNU Bojonegoro Bantu Dana Hingga Rp182 Juta
LAZISNU Bojonegoro bantu dana hingga Rp182 juta untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Istimewa)
LAZISNU Bojonegoro bantu dana hingga Rp182 juta untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Bojonegoro, NU Online Jatim 

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Bojonegoro melakukan aksi galang dana peduli erupsi Gunung Semeru. Dana sebanyak Rp182.363.000 berhasil dikumpulkan dari Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) se-Kabupaten Bojonegoro, serta penggalangan dana yang tidak mengikat. 


Direncanakan dana tersebut akan disetorkan ke Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur. Dana tersebut akan digunakan untuk merelokasi, merehabilitasi dan merekontruksi pengungsi yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.


Ketua LAZISNU Bojonegoro Moh Muhatadin mengatakan, kepedulian Nahdliyin Bojonegoro terhadap korban erupsi Semeru sangat besar. Makanya, untuk mengumpulkan dana tersebut membutuhkan waktu cukup lama akibat banyaknya donatur.


“Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyetorkan dana tersebut ke PW LAZISNU Jatim untuk relokasi, rekontruksi dan rehabilitasi korban terdampak erupsi Semeru,” katanya, Senin (20/12/2021).


Ia mengaku, bahwa pada dasarnya bantuan berupa logistik sangat banyak. Namun, karena di lokasi sangat banyak hingga over load maka diurungkan pengirimannya. 


“Karena itulah, kami menyarankan bantuan hendaknya berbentuk uang. Sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih membutuhkan. Tapi, meski begitu logistik tetap kami salurkan meski sedikit, yakni diperkirakan hanya Rp6,6 juta bila diuangkan,” terangnya.


Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mambantu seperti UPZISNU se-Kabupaten Bojonegoro dan donatur lain yang sudah saling membantu korban erupsi Gunung Semeru. 


“Terima kasih sudah mempercayakannya kepada kami terkait penyaluran dana tersebut. Jazakumullah ahsanal jaza,” pungkasnya.


Diketahui, dana tersebut dikumpulkan dalam dua tahap. Tahap pertama ditutup pada tanggal 11 Desember 2021, sedangkan tahap kedua ditutup pada tanggal 20 Desember 2021.


Penulis: Miftahul Amin


Pantura Terbaru