• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Juara Piala AFF, 5 Pemain Timnas U-16 Asal Jatim Ditunggu Khofifah di Grahadi

Juara Piala AFF, 5 Pemain Timnas U-16 Asal Jatim Ditunggu Khofifah di Grahadi
Para pemain Timnas U-16 merayakan kemenangan sebagai juara Piala AFF U-16, Jumat (12/08/2022) malam. (Foto: PSSI)
Para pemain Timnas U-16 merayakan kemenangan sebagai juara Piala AFF U-16, Jumat (12/08/2022) malam. (Foto: PSSI)

Surabaya, NU Online Jatim

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 telah berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 usai mengalahkan Timnas Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Jumat (12/08/2022.  Prestasi ini membuat bangga warga Indonesia, utamanya pecinta Sepak bola.
 

Termasuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga bangga, terlebih ada 5 pemain Timnas U-16 berasal dari Jatim. Bahkan Khofifah sudah menunggu kelima pemain Timnas U-16 tersebut di kantor Gubernur Jatim, Gedung Negara Grahadi, Suarabaya.


Adapun kelima pemain Timnas U-16 asal Jatim ini yaitu Muhammad Rizki Afrizal asal Blitar, Arkhan Kaka Putra asal Blitar, Andhika Putra Setiawan asal Tulungagung, dan Figo Dennis Saprutananto asal Kota Probolinggo, dan Muhammad Narendra Tegar Islami asal Kota Mojokerto.


“Semoga prestasi ini disusul oleh prestasi-prestasi lainnya. Teruntuk lima pemain di atas (asal Jatim), saya tunggu di Gedung Negara Grahadi,” kata Khofifah melalui akun instagramnya @khofifah.ip, Sabtu (13/08/2022).


Ia juga menyampaikan selamat sekaligus rasa bangganya. Prestasi yang diraih Timnas Indonesia menurut Khofifah tidak hanya membanggakan Jawa Timur, namun juga Indonesia.


"Alhamdulillah timnas kita membawa harum nama Indonesia di Piala AFF U-16. Kami semua dari Jawa Timur ikut bangga karena di dalam timnas ada lima pemainnya berasal dari Jatim," ujarnya.


Khofifah berharap prestasi Timnas ini menjadi motivasi bagi atlet lainnya di Jatim.
"Semoga prestasi ini dapat menjadi pelecut dan penyemangat bagi atlet-atlet asal Jatim lainnya untuk terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya.


Bagi Khofifah, keberhasilan Timnas Indonesia U-16 melangkah ke final dan berhasil keluar sebagai juara, karena kerja keras setiap elemen, terutama para pemain. Mereka telah berlatih keras di bawah arahan Pelatih Bima Sakti.


Sementara itu, sosok penggawa Timnas Indonesia U-16, Figo Dennis Saputraananto (15) asal Jalan KH Mansyur Kota Probolinggo ternyata sudah bermain sepakbola sejak kecil. Bahkan bisa dibilang Figo memang terlahir dari keluarga pemain sepakbola. Sebab ayah dan kakaknya juga suka bermain sepakbola.


"Dengan kemenangan ini, semoga Figo terus semangat berlatih, dan terus bermain bagus. Dan tetap menjadi pemain Timnas Indonesia senior nantinya. Saya sebagai paman Figo sangat bangga, karena Figo semangat terus berlatih dan akhirnya terpilih menjadi pemain Timnas U-16 Indonesia, dan menjadi juara Piala AFF," kata Paman Figo, Joni Aris Kuncoro dikutip dari detik.com, Sabtu (13/08/2022).


Warga sekitar rumah Figo turut memberikan dukungan. Bahkan warga nonton bareng di depan rumah Figo saat laga final tadi malam.


Figo merupakan anak dari pasangan Ananto dan Nova. Sang ayah juga berkarier di dunia sepakbola. Ia sebagai pelatih klub Persipro (Persatuan Sepak Bola Probolinggo).


Kini, Timnas Indonesia telah menambah perolehan gelar juara pada ajang Piala AFF U-16 ini setelah mengalahkan Vietnam. Timnas Indonesia kini punya sepasang trofi juara Piala AFF U16.


Sebelumnya, Garuda Asia berstatus kampiun pada 2018 silam. Kala itu, timnas U16 Indonesia asuhan Fakhri Husaini menjadi juara Piala AFF U16 2018 usai mengalahkan Thailand 4-3 via adu tendangan penalti.


Editor:

Metropolis Terbaru