• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Kantor Baru Ranting NU Prasung Sidoarjo Diresmikan Bupati dan PCNU

Kantor Baru Ranting NU Prasung Sidoarjo Diresmikan Bupati dan PCNU
Hj Siti Maryam (kanan) selaku wakif menyerahkan secara simbolis surat wakaf tanah kepada Sekretaris PCNU Sidoarjo H Agus Mahbub Ubaidillah. (Foto: NOJ/ Yuli Riyantoo)
Hj Siti Maryam (kanan) selaku wakif menyerahkan secara simbolis surat wakaf tanah kepada Sekretaris PCNU Sidoarjo H Agus Mahbub Ubaidillah. (Foto: NOJ/ Yuli Riyantoo)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Prasung, Buduran, Sidoarjo kini punya kantor baru. Peresmian kantor tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Sabtu (17/09/2022).


Peresmian tersebut dilangsungkan di Masjid Baitul Muttaqin desa setempat dan dimeriahkan dengan gema Shalawat oleh ratusan anggota Ikatan Seni Hadrah Indonesia Nahdlatul Ulama (Ishari) se-Kabupaten Sidoarjo.


Ketua PRNU Prasung HM Syafi’i mengatakan, kantor baru tersebut berukuran luas kurang lebih 35 meter persegi. Gedung berlantai dua yang terletak di Jalan Lingkar Timur RT 002 RW 001 Prasung, Buduran, Sidoarjo itu merupakan wakaf dari Hj Siti Maryam, warga desa setempat.


“Alhamdulillah, tahap awal akan kita rehab dulu sedemikian rupa agar bisa ditempati dengan layak. Nanti kita setting lagi untuk kami fungsikan sebagaimana mestinya, yakni sebagai kantor Ranting NU Prasung dan mushala,” katanya.


Pria yang juga Kepala Desa Prasung ini menambahkan, sebelum memiliki kantor sendiri, PRNU Prasung meminjam salah satu ruangan di balai desa untuk dijadikan kantor.


“Sejak awal kepengurusan kami di tahun 2021, kami bercita-cita ingin memiliki kantor sendiri. Alhamdulillah, kemarin kami dapat wakaf dari Hj Siti Maryam berupa tanah beserta bangunan dua lantai. Mudah-mudahan dengan adanya kantor ini PRNU Prasung tambah maju,” ungkapnya.


Sementara itu, Hj Siti Maryam selaku pihak pemberi wakaf (wakif) saat ditemui NU Online Jatim mengungkapkan alasan yang melatarbelakangi mengapa dirinya mewakafkan tanah kepada PRNU Prasung.


“Saya ingin selamat dunia dan akhirat dan berharap dapat barokahnya mushala dan NU,” kata perempuan kelahiran Madura yang sudah tinggal menetap di Desa Prasung sejak 21 tahun lalu tersebut.


“Saya wakaf tanah berniat amal jariyah, karena saya tidak punya anak. Saya masih punya rumah lain dan usaha kos-kosan di sebelahnya,” tutur janda paruh baya pemilik usaha warung makan itu.


Diketahui, acara peresmian ini juga dihadiri Sekretaris PCNU H Agus Mahbub Ubaidillah, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Buduran, dan sejumlah pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Buduran. Tampak hadir pula, segenap Pengurus Ranting NU Prasung, lembaga, serta badan otonom (banom) NU.


Metropolis Terbaru