• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Madura

Ranting NU di Sumenep Bakal Bangun Kantor dan Klinik Kesehatan

Ranting NU di Sumenep Bakal Bangun Kantor dan Klinik Kesehatan
Lahan milik PRNU Gapura Timur, Gapura, Sumenep yang dalam waktu dekat bakal dibangun kantor dan klinik kesehatan. (Foto: Istimewa)
Lahan milik PRNU Gapura Timur, Gapura, Sumenep yang dalam waktu dekat bakal dibangun kantor dan klinik kesehatan. (Foto: Istimewa)

Sumenep, NU Online Jatim
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Gapura Timur, Gapura, Sumenep dalam waktu dekat bakal membangun kantor dan klinik kesehatan. Hal tersebut dilakukan seiring dengan perkembangan yang semakin kompleks, khususnya dalam menguatkan basis Nahdliyin di akar rumput.


Ketua PRNU Gapura Timur, Masduna mengatakan bahwa pembangunan kantor dan klinik kesehatan tersebut merupakan kebutuhan mendasar bagi Nahdliyin. Mengingat, tantangan dan dinamika kehidupan yang dihadapi di tingkat basis begitu kompleks.


"Maka, saat ini yang menjadi tantangan kita bukan lagi soal bagaimana bisa berorganisasi dengan baik. Tetapi justru saat ini bagaimana kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," ujarnya dilansir pcnusumenep.or.id, Senin (16/05/2022).


Sebagai sebuah organisasi, menurut Masduna, keberadaan gedung selain bisa dipergunakan untuk kegiatan ke-NU-an, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang cakupannya lebih luas.


“Keberadaan gedung terpadu ini menjadi salah satu indikator aktifnya kegiatan-kegiatan ke-NU-an. Sehingga NU di tingkat basis ke depan tetap aktif,” ungkap alumni Pascasarjana Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk, Sumenep itu.


Aspek pelayanan kesehatan juga menjadi kebutuhan mendasar dalam menguatkan ghirah pengabdian kepada masyarakat. Dengan begitu, persoalan kesehatan yang kerap dialami masyarakat akibat faktor ekonomi dan lainnya bisa diminimalisir.


"Kesehatan masyarakat ini juga penting kita perhatikan. Bila ranting NU mampu menyediakan pelayanan kesehatan yang prima, di situlah wujud nyata pengabdian kita," tegasnya.


Sementara Ketua Panitia Pembangunan, Kiai A. Quraysi Makki mengatakan bahwa, saat ini PRNU Gapura Timur telah membeli tanah seluas 45 x 27 meter dari hasil swadaya. Nantinya, gedung NU terpadu dan klinik kesehatan itu akan dibangun di atas tanah tersebut.


"Alhamdulillah, kita mampu membeli tanah, meski saat ini masih belum lunas. Tapi, kami yakin ke depan di atas tanah itu akan segera berdiri kokoh gedung dan klinik kesehatan Ranting NU Gapura Timur," ungkapnya.


Disebutkan, dalam rancangan anggaran dan biaya yang disusun, pembangunan gedung dan klinik kesehatan PRNU Gapura Timur akan menghabiskan dana sebesar Rp972.044.854. Bagi Nahdliyin yang berkenan dapat menyalurkan bantuan, baik yang berbentu uang atau pun bahan material.


“Bahan material yang kami butuhkan antara lain, semen, batu putih, besi, pasir, kusen, pintu kusen, ventilasi, kayu atap, genting, plafon, kalsibot, paku, osok, kayu reng, cat, keramik, kaca ventilasi, rolling door, dan gipsun,” terangnya.


Selain bantuan berbantuk bahan material, donasi dapat disalurkan melalui rekening BRI dengan nomor 6542-01-025982536 atas nama PR. NU Gapura Timur.


"Kepada para dermawan yang ingin membantu pembangunan gedung dan klinik kesehatan ini silahkan salurkan melalui nomor rekening tersebut. Mari kita ambil peran dalam misi kemanusiaan ini," pintanya.


Madura Terbaru