• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Kepala Kemenag Sidoarjo Harap Guru NU Jadi Pemicu Kemajuan Pendidikan

Kepala Kemenag Sidoarjo Harap Guru NU Jadi Pemicu Kemajuan Pendidikan
Para guru NU Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo saat mengikuti IKM. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Para guru NU Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo saat mengikuti IKM. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim 

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sidoarjo, Moh Arwani berharap guru yang tergabung dalam Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dapat menjadi pemicu dalam bergerak dan bangkit untuk kemajuan pendidikan anak bangsa. 


Hal tersebut disampaikan menanggapi digelarnya Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) oleh Pimpinan Cabang (PC) Pergunu Sidoarjo. Kegiatan ini bekerja sama dengan PAC Pergunu, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Waru. Kegiatan berlangsung mulai Senin-Kamis (22-25/08/2022) di kantor kecamatan setempat. 


“Bahwa perubahan kurikulum ini merupakan kebutuhan yang sangat penting, mengingat saat ini zaman yang tidak menentu. Maka ini menjadi kebutuhan yang penting dimiliki oleh guru, terutama para guru di bawah naungan Kemenag, terlebih lembaga pendidikan NU,” katanya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Selasa (24/08/2022) malam. 


Pria yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candi itu menegaskan, menjadi suatu keharusan bagi stakeholder di suatu lembaga agar mempersiapkan diri dan merubah maindset pemikiran untuk beradaptasi dengan lingkungan di bidang pendidikan. Demi kemajuan anak bangsa. 


Terpisah, Sekretaris PC Pergunu Sidoarjo, Ahmad Anwar menyampaikan, kegiatan IKM yang diadakan pihaknya ini bukan pertama kalinya. Pertama dilaksanakan di Kecamatan Krembung kemudian Candi. 


“Di Kecamatan Sukodono malah sudah dilakukan dua kali. Lalu di Buduran dan yang saat ini terlaksana di Kecamatan Waru. Setiap kegiatan IKM, kami selalu menghadirkan pemateri yang benar-benar kompeten agar guru dapat maksimal mendapat ilmu terkait IKM,” katanya. 


Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngingas Kecamatan Waru itu lantas menegaskan, organisasinya akan senantiasa hadir memenuhi keinginan dan kebutuhan dalam menggerakkan roda organisasi yang berhubungan dengan keilmuan guru. 


“Saya berharap bapak dan ibu guru yang belum mengisi SIMAS atau Sistem Informasi dan Manajemen Anggota Smart agar segera mengisi. Supaya bisa diketahui berapa jumlah guru yang berada dalam naungan Pergunu Sidoarjo.


Editor:

Metropolis Terbaru