• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Keren, Pelajar SMP Modern Al-Miftah Gresik Juara Lomba Pidato

Keren, Pelajar SMP Modern Al-Miftah Gresik Juara Lomba Pidato
Muhammad Farkhan Al-Fahri (kanan-depan), saat menerima piala dalam lomba pidato Bahasa Jawa. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Muhammad Farkhan Al-Fahri (kanan-depan), saat menerima piala dalam lomba pidato Bahasa Jawa. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online jatim

Pelajar SMP Modern Al-Miftah Gresik menorehkan prestasi. Kali ini, salah satu siswa sekolah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Miftah yakni, Muhammad Farkhan Al-Fahri memperoleh juara satu lomba pidato Bahasa Jawa tingkat Kabupaten Gresik.

 

Ajang yang digelar oleh Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Gresik ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76. Ajang ini digelar secara virtual dan diikuti sejumlah pelajar di Kota Pudak.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Miftah Gresik, KH Muhammad Zainuri mengatakan, meski di tengah pandemi pelajar terus digembleng agar berprestasi. Hal ini penting agar bisa mengembangkan kemampuan siswa di segala bidang.

 

"Kami terus mengasah kemampuan siswa. Ini prestasi membanggakan yang patut disyukuri," kata Gus Zen, sapaan akrabnya, Senin (30/08/2021).

 

Di SMP Modern Al-Miftah, menurut Gus Zen, seluruh siswa mendapat bimbingan dari guru-guru profesional dan ustadz-ustadzah yang ahli di bidangnya.

 

Bahkan, siswa juga ditempa tiga bahasa, yaitu Arab, Inggris dan Mandarin. Hal tersebut sebagai pembiasaan yang wajib dilakukan di lingkungan pondok pesantren dan sekolah.

 

"Meski begitu, materi dan penerapan Bahasa Indonesia dan Jawa tidak ditinggalkan. Karena itu termasuk kearifan lokal dan warisan luhur yang patut dilestarikan," tambahnya.

 

Sementara itu, Ketua LP Ma'arif NU Gresik Ahmad Jazuli berharap, agar SMP Modern Al-Miftah Gresik dapat menjadi salah satu sekolah yang maju dan dapat mencetak generasi unggul.

 

"Saya berharap sekolah ini dapat mencetak generasi unggul di segala bidang,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru