• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Perkuat Ekonomi Jamiyah, LPNU di Gresik Tanam Pisang Cavendish

Perkuat Ekonomi Jamiyah, LPNU di Gresik Tanam Pisang Cavendish
Penanaman pisang cavendish, usaha LPNU MWCNU Dukun Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Penanaman pisang cavendish, usaha LPNU MWCNU Dukun Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Sebagai upaya mengembangkan sayap usahanya, Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun Gresik meluncurkan penanaman pisang cavendish. Peluncuran dilakukan bersama Dinas Pertanian Gresik, Ahad (29/08/2021).

 

Lokasi penanaman tanam pisang Cavendish sendiri terletak di area perbatasan tanah Desa Tebuwung Dukun dengan Desa Serah Panceng Gresik. Pisaang cavendish tersebut ditanam di atas tanah seluas satu hektar yang merupakan usaha dari PT Binanusa Mandiri MWCNU Dukun, Gresik.

 

Rais MWCNU Dukun, KH Ahmad Thoyyib Mas'udi mengatakan, usaha bersama dalam kemandirian ekonomi umat bisa tercapai dan sukses jika dilakukan dengan kompak.

 

"Karena kekompakan merupakan kekuatan utama kita dalam berjam’iyah, utamanya daalam memajukan perekonomian warga NU," ujarnya

 

Kiai Thoyyib pun bercerita, dirinya pernah diberi nasehat oleh KH Robbah Ma'shum, bahwa kalau mau mendirikan usaha perekonomian di NU, jangan seperti mercon bantingan, yang di awal meledak dahsyat dan meyakinkan tapi lambat laun menghilang.

 

Selain itu, menurut Kiai Thoyyib, Kiai Robbah juga mengatakan, bahwa ketika ekonomi di NU sudah berjalan maju pesat, hendaknya tidak menjadi rebutan oknum antar pengurus. Jika hal itu terjadi, maka akan hancur dan tinggal nama.

 

“Maka dari itu, pesan atau nasihat tersebut hendaknya kita tanamkan dalam diri kita masing-masing, bahwa yang dilakukan untuk kemajuan jam’iyah, bukan untuk pribadi,” tegasnya.

 

Direktur utama PT Binanusa Mandiri Gresik, H Syamsul Huda mengatakan, usaha penanaman pisang cavendish ini merupakan kerjasama dengan Mitra Yasmin Fresh Banana PT Wangsa Putra Sejahtera Lamongan.

 

“Kerja sama ini merupakan bagian dari meningkatkan usaha ekonomi NU untuk mencapai kemandirian jam’iyah," ungkapnya

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru