• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Metropolis

Ketua NU Sidoarjo: Sarbumusi Murni Berjuang untuk Buruh

Ketua NU Sidoarjo: Sarbumusi Murni Berjuang untuk Buruh
Rapat Koordinasi dan Konsolidasi DPC Sarbumusi NU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Rapat Koordinasi dan Konsolidasi DPC Sarbumusi NU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, KH Zainal Abidin menilai bahwa Serikat Buruh Muslimim Indonesia (Sarbumusi) adalah organisasi yang benar-benar ikhlas dan murni berjuang untuk kalangan buruh.


Penegasan tersebut disampaikan saat sambutan dalam rapat koordinasi dan konsolidasi Sarbumusi Sidoarjo. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula lantai 3 Kompleks Masjid KH Mukmin, kecamatan/kabupaten Sidoarjo, Kamis (28/07/2022).


“Saya yakin jika ada pekerja yang dibantu oleh Sarbumusi pasti akan ingat dengan jasa-jasa itu selamanya. Ingat, setelah saya amati Sarbumusi secara tulus ikhlas berjuang untuk kemaslahatan buruh,” katanya.


Dirinya mengatakan, berdasarkan fakta bahwa pekerja dari kalangan NU lebih banyak daripada pengurus NU itu sendiri. Sehingga hal ini menjadi tantangan bagi DPC Sarbumusi Sidoarjo untuk lebih kuat melindungi kaum buruh.


“Njenengan (kalian) ini masuk ke sini bukan hanya untuk melindungi diri atau teman sejawat, tetapi sebagai ladang amal untuk berkontribusi penuh dan memberikan sesuatu yang kalian ketahui dan mampu untuk buruh,” ujarnya.


Pihaknya meyakini, bahwa para pekerja yang dibantu oleh Sarbumusi nantinya akan mengingat jasa Sarbumusi. “Bahkan, bisa saja ia mau untuk bergabung dengan Sarbumusi,” ucapnya.


Sementara Ketua DPC Sarbumusi Sidoarjo, Ahmad Yani mengatakan, acara ini merupakan kegiatan awal dalam koordinasi dan konsolidasi DPC Sarbumusi pasca pandemi Covid-19. Di masa itu, semua kegiatan dibatasi dan berpengaruh pada jalannya roda organisasi.


“Untuk itu, DPC Sarbumusi Sidoarjo akan terus menggaungkan konsolidasi ke basis-basis untuk mengembangkan Sarbumusi menjadi organisasi buruh yang membela hak-hak pekerja,” tegasnya.


Menurutnya, pekerjaan rumah Sarbumusi saat ini adalah terus melakukan upaya konsolidasi dan koordinasi ke basis-basis tersebut. Karena di Sidoarjo mayoritas penduduknya adalah warga Nahdliyin, dan mayoritas dari mereka berprofesi sebagai buruh atau pekerja.


“Sehingga dengan potensi ini Sarbumusi harus membesarkan organisasi yang membela hak hak pekerja,” ungkapnya.


Dirinya menuturkan, bahwa pertemuan kali ini juga membahas persiapan rapat kerja untuk mengoptimalkan organisasi, sesuai dengan motto Sarbumusi. “Yakni, melindungi dan mensejahterakan pekerja dan keluarga para pekerja,” tandasnya.


Metropolis Terbaru