• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Kwarda Jatim Gelar Temu Karya Bakti Pramuka Perguruan Tinggi

Kwarda Jatim Gelar Temu Karya Bakti Pramuka Perguruan Tinggi
Temu Karya Bakti Pramuka Perguruan Tinggi oleh Kwarda Pramuka Jatim. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Temu Karya Bakti Pramuka Perguruan Tinggi oleh Kwarda Pramuka Jatim. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Mojokerto, NU Online Jatim
Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan Temu Karya Bakti Pramuka Perguruan Tinggi. Kegiatan yang diikuti 64 Pandega dari 64 Racana yang berpangkalan di kampus se-Jawa Timur ini dipusatkan di Hotel Arayana, Trawas, Mojokerto, Kamis-Sabtu (14-16/07/2022).


Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Bidang Bela Negara dan Gugus Depan (Gudep) Perguruan Tinggi Kiai Zamzami Sabiq Hamid menuturkan, kegiatan ini baru pertama dilakukan.


"Setelah kegiatan ini diharapkan peserta bisa produktif berkarya sebagai Pramuka yang berpangkalan di perguruan tinggi, dan selanjutnya karya mereka akan ditampilkan di festival karya pramuka perguruan tinggi se-Jawa Timur," ujarnya.


Sementara Moh Roem selaku Ketua Panitia menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menginisiasi dan menginspirasi Pandega untuk berdaya cipta di bidang teknologi dan gagasan ilmiah, serta mendorong pengembangan kegiatan pengabdian masyarakat oleh Pandega.


"Kegiatan ini akan memotivasi Pandega agar berperan serta dalam perkembangan revolusi digital dan mendorong pembaharuan pengelolaan manajemen Racana di Gudep Perguruan Tinggi," terangnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Jum'at (15/07/2022).


Selama tiga hari, lanjutnya, seluruh peserta mendapatkan materi Pramuka produktif dan arah kebijakan Gudep di Perguruan Tinggi, mulai dari administrasi hingga pencapaian Racana.


Selain itu, ada pula materi terkait Pandega masa depan, branding organization, berkarya melalui karya tulis ilmiah, dan revolusi digital.


"Semoga materi yang mereka dapatkan membuat Pramuka Perguruan Tinggi di Jawa Timur bisa mengambil peran dalam memadukan kegiatan Pramuka dan Tri Dharma Perguruan Tinggi," pungkasnya.


Metropolis Terbaru