• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

LAZISNU di Sidoarjo Bagikan Sembako dan Gelar Ruqyah Massal

LAZISNU di Sidoarjo Bagikan Sembako dan Gelar Ruqyah Massal
UPZIS LAZISNU Ranting Panjunan, Sukodono, Sidoarjo saat baksos pembagian sembako dan ruqyah massal. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
UPZIS LAZISNU Ranting Panjunan, Sukodono, Sidoarjo saat baksos pembagian sembako dan ruqyah massal. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Momen peringatan Hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-99 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2021 menurut penanggalan masehi mulai dilakukan kegiatan penyambutan oleh Nahdliyin di berbagai daerah.


Seperti yang dilakukan Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Panjunan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo yang mengadakan bakti sosial (baksos) pembagian paket sembako dan ruqyah massal. Acara ini dipusatkan di Mushala Baitul Mukminin desa setempat, Ahad (19/12/2021).


Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Panjunan Muntolib mengatakan, dalam baksos kali ini pihaknya menyalurkan bantuan untuk dhuafa sejumlah 40 paket sembako dan nilainya kurang lebih Rp100 ribu setiap paketnya. Adapun isinya berupa beras, gula, minyak, dan mie instan.


“Baksos ini yang kedua kalinya dan bertujuan untuk membantu mengurangi beban dhuafa yang terdampak pandemi Covid-19. Sedangkan baksos yang ketiga kali rencananya akan kita laksanakan empat bulan lagi, tentunya dengan kegiatan yang lebih besar. Pagi ini kami juga mengadakan ruqyah massal bekerja sama dengan Pengurus Anak Cabang (PAC) Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Kecamatan Sukodono,” katanya.


Terkait kaleng Koin NU Peduli, Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sukodono tersebut mengungkapkan, pihaknya telah menyebarkan sekitar 200 kaleng dengan perolehan rata-rata perbulan Rp4-5 juta. Program yang sudah berjalan diantaranya santunan dhuafa, kartu sehat, dan santunan beasiswa pendidikan bagi anak yatim.


“Kami berharap kegiatan tersebut sekaligus sebagai sarana sosialisasi kepada warga bahwa UPZIS LAZISNU Ranting Panjunan masih aktif berkhidmah. Kami menargetkan lima tahun lagi memiliki ambulans sendiri,” pungkasnya.


Sementara, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Panjunan HM Zainuri mengapresiasi atas baksos yang diadakan oleh UPZIS LAZISNU Panjunan. Dirinya berharap kegiatan seperti ini rutin dilakukan untuk kemaslahatan umat.


“Semoga kedepan LAZISNU Panjunan semakin sukses, kami mengajak semua warga Nahdliyin di Desa Panjunan agar menjadi donatur LAZISNU. Mudah-mudahan program LAZISNU Panjunan kedepan lebih baik lagi,” tuturnya.


Acara ini dihadiri oleh Rais Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono, pengurus PAC JRA Sukodono, jajaran PRNU panjunan beserta badan otonom (banom) dan lembaga, serta tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru