• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Tapal Kuda

Rakorwil, LAZISNU se-Jatim Lakukan Baksos di Posko Pengungsian

Rakorwil, LAZISNU se-Jatim Lakukan Baksos di Posko Pengungsian
NU Care-LAZISNU se-Jatim melakukan baksos di pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
NU Care-LAZISNU se-Jatim melakukan baksos di pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur kali ini ada yang berbeda. Pasalnya, Rakorwil yang dipusatkan di Kabupaten Lumajang diwarnai dengan bakti sosial (baksos).

 

Baksos yang diikuti NU Care-LAZISNU seluruh Jawa Timur itu tersebar  di sejumlah titik pengungsian korban terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (11/12/2021).

 

Pemberangkatan menuju lokasi dilakukan serentak dari posko utama NU Lumajang Peduli di Gedung NU I, Jalan Alun-alun Timur, Kabupaten Lumajang. Tampak iring-iringan kendaraan LAZISNU se-Jatim yang membawa logistik mulai menyebar ke beberapa titik. Di antaranya posko MWCNU Tempeh, Pasirian, Candipuro, dan yang lainnya.

 

Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Care-LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah menuturkan, hal ini dilakukan sebagai bentuk empati LAZISNU untuk warga Lumajang yang tengah berduka.

 

"Dengan ini kita berbagi duka dengan saudara-saudara di Lumajang. Ini adalah bentuk jalinan ukhuwah kita, ukhuwah basyariah dan ukhuwah islamiyah," katanya.
 
 

Sementara itu, KH Fanandri Wakil Rais PCNU Lumajang berpesan, bantuan yang diberikan kepada para pengungsi harus diberikan dengan baik dan sopan.

 

"Kalau memberikan bantuan harus dengan tangan kanan, jangan tangan kiri. Jangan menunjuk pakai telunjuk. Pakailah tangan kanan dengan jari jempol diiringi dengan perkataan yang sopan," pesan Kiai Fanandri.

 

Sesampainya di lokasi pengungsian, NU Care-LAZISNU se-Jatim disambut gembira para pengungsi. Mereka membagikan langsung uang tunai dan sarung kepada para pengungsi.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru