• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

NU Nganjuk Peduli Berangkatkan Relawan dan Bantuan ke Lumajang

NU Nganjuk Peduli Berangkatkan Relawan dan Bantuan ke Lumajang
Relawan NU Nganjuk Peduli sesaat sebelum berangkat ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Relawan NU Nganjuk Peduli sesaat sebelum berangkat ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk memberangkatkan 20 relawan NU Nganjuk Peduli menuju daerah terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor PCNU setempat pada Sabtu (11/12/2021).

 

“Terima kasih sudah mau kompak. Semoga relawan NU Nganjuk Peduli  dapat membantu menyelesaikan persoalan yang dialami para korban erupsi Gunung Semeru. Tetap satu komando dari  kordinator dan apabila punya ide yang baik silahkan disampaikan,” pesan Ketua PCNU Nganjuk KH Moh Hasyim Afandi.

 

Abah Hasyim menyampaikan, melihat intensitas dan peningkatan erupsi yang demikian kuat di Lumajang maka pihaknya merasa harus ambil bagian. Harus ada delegasi dari Nganjuk yang diberangkatkan ke Lumajang.

 

Dirinya juga meminta para relawan saat melakukan aksi kemanusiaan di Lumajang tidak merepotkan masyarakat setempat. Ia yakin para relawan bekerja ikhlas membantu.

 

“Semoga seluruh relawan selamat sampai nanti kembali ke rumah masing-masing,” harapnya.

 

Sementara Koordinator NU Nganjuk Peduli Muhajir mengatakan bantuan tahap pertama dari berbagai elemen masyarakat di Nganjuk ini berupa uang tunai, sembako, pakaian, selimut, popok untuk bayi dan pembalut untuk wanita, peralatan mandi hingga kebutuhan lainnya yang sekiranya saat ini mendesak dibutuhkan oleh masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi.

 

“Bantuan kemanusian ini kita bawa dengan satu truk, satu ambulance, tiga mobil, dan satu pick up,” ujar Muhajir.

 

Disampaikan Muhajir, para relawan akan membantu manajemen logistik di Posko Pronojiwo hingga tanggal 18 Desember 2021 mendatang. Sedangkan sebagian besar dari donasi yang terkumpul akan diwujudkan dalam bentuk recovery fasilitas umum seperti tempat ibadah, madrasah, sekolah dan lainnya.

 

“Kita akan sowan ke PCNU Lumajang menyampaikan keinginan dari NU Nganjuk Peduli,” tuturnya.

 

Adapun donasi yang telah disalurkan melalui NU Nganjuk Peduli per tanggal 10 Desember 2021 sebesar Rp 142.896.900. Masyarakat yang hendak donasi dapat langsung menyerahkan ke Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk.

 

Donasi dapat pula dilakukan dengan ditransfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) nomor 7141169135 atau (BRI) 0056-01-017903-53-7 atas nama LAZISNU Nganjuk, dan melakukan konfirmasi melalui WA 0896-5372-3807.


Matraman Terbaru