• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Madura

Mahasiswa IAIN Madura Jadi Relawan Korban Erupsi Semeru

Mahasiswa IAIN Madura Jadi Relawan Korban Erupsi Semeru
Suasana relawan IAIN Madura saat membagikan logistik dan bantuan lainnya pada korban erupsi Semeru. (Foto: NOJ/Firdausi)
Suasana relawan IAIN Madura saat membagikan logistik dan bantuan lainnya pada korban erupsi Semeru. (Foto: NOJ/Firdausi)

Pamekasan, NU Online Jatim
Pasca terjadinya erupsi gunung Semeru, Sabtu (04/12/2021) kemarin, ada sekitar 43 korban jiwa yang meninggal dunia dan ratusan korban lainnya selamat. Berangkat dari fenomena ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mastapala Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) bergerak cepat ke lokasi. Terjunnya relawan dari kalangan aktivis lingkungan hidup, mendapat restu dari Rektor setempat.

 

Ketua Umum Mastapala, Toyyibatul Qomariyah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk peduli mereka.

 

"Kami membantu dan menyalurkan logistik sekaligus tenaga untuk korban bencana erupsi Semeru," katanya, Jum’at (10/12/2021) di Pos Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

 

Dijelaskan pula, pihaknya berangkat dari Pamekasan menuju Lumajang bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pamekasan serta rombongan truk pengangkut logistik lainnya.

 

“Ada 6 anggota yang kami terjunkan ke lokasi. Mereka adalah Ariyanto, Achmad Sofi, Ahmad Retno Valuvi, M Kholili, Rudi Hidayat dan saya sendiri,” ungkapnya.

 

Alumni Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbaja Raja, Bluto tersebut berharap dirinya dan para anggotanya betah dan memiliki banyak waktu agar dapat membantu para korban dan warga terdampak, seperti membersihkan puing-puing bangunan, memperbaiki jembatan, membagikan logistik, dan lainnya.

 

"Semoga teman-teman mempunyai banyak waktu untuk membantu korban bencana," pungkasnya.


Madura Terbaru