• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

LAZISNU Jatim Siap Bantu Korban Erupsi Semeru Hingga Pulih

LAZISNU Jatim Siap Bantu Korban Erupsi Semeru Hingga Pulih
Ketua NU Care-LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah saat sambutan dalam Rakorwil LAZISNU se-Jatim. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Ketua NU Care-LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah saat sambutan dalam Rakorwil LAZISNU se-Jatim. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur A Afif Amrullah menyatakan siap mengerahkan sejumlah bantuan dari LAZISNU se-Jatim dalam penanganan dampak bencana erupsi Gunung Semeru hingga pulih total.

 

Penegasan tersebut disampaikan saat sambutan pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) NU Care-LAZISNU se-Jatim yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darun Najah, Desa Petahunan, Sumbersuko, Lumajang, Sabtu (11/12/2021).

 

Ia menyebutkan, penangananan bencana erupsi Gunung Semeru itu dinilai akan memakan waktu yang tidak sebentar. Banyaknya rumah-rumah warga yang rusak akibat tertutup lahar dingin dan abu vulkanik Semeru menjadi perhatian pemerintah ke depan untuk kemungkinan relokasi.

 

"Kami sudah koordinasi dan konsolidasi dengan seluruh LAZISNU se-Jatim untuk semaksimal mungkin membantu para korban, tidak hanya dalam masa darurat ini tapi juga sampai Lumajang pulih," ungkap Afif.

 

Menurut Afif, hingga saat ini bantuan yang telah dihimpun oleh NU Care-LAZISNU telah mencapai lebih Rp3 Miliar. Hal tersebut pihaknya lakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam proses penanganan korban terdampak.

 

"Kita siap berkolaborasi dan bersinergi mendukung Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam menyukseskan program relokasi tersebut," imbuhnya.

 

Senada dengan itu, Sekretaris NU Care-LAZISNU Jatim Moch Rofi'i Boenawi menegaskan, dengan begitu banyaknya bantuan yang mengalir ke NU Peduli, maka NU harus ambil bagian untuk itu.

 

"Uang sebanyak itu jangan dihabiskan hari ini. Karena itu nanti dapat dimanfaatkan untuk relokasi. Kalau relokasi, paling tidak kita bisa ambil bagian di fasilitas umum dan rumah ibadah," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru