• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Madura

NU Peduli Semeru

Peduli Semeru, LAZISNU Ponorogo dan Pamekasan Beri Bantuan

Peduli Semeru, LAZISNU Ponorogo dan Pamekasan Beri Bantuan
Penyerahan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru oleh NU Care-LAZISNU Pamekasan. (Foto: NOJ/ Syarofi)
Penyerahan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru oleh NU Care-LAZISNU Pamekasan. (Foto: NOJ/ Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim 

NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pamekasan dan Ponorogo turut menyalurkan bantuan secara langsung kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Pamekasan, KH Mahrus Shofi mengatakan, bahwa bantuan tersebut diserahkan kepada warga terdampak di Kecamatan Senduro, Lumajang. Bantuan tersebut berupa sembilan bahan pokok (sembako) dan pakaian layak pakai yang diperoleh dari donasi Nahdliyin setempat.

 

“Alhamdulillah, kami merasa senang karena NU Care-LAZISNU Pamekasan dapat berkontribusi dalam membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru,” ujarnya, Sabtu (11/12/2021).

 

Kiai Mahrus pun mengajak kepada para korban agar bersabar menghadapi segala ujian yang menimpa. "Bersabarlah, ini ujian dari Allah. Yakinlah, ujian ini sebagai pelantara untuk mengangkat derajat para korban," imbuhnya. 

 

Sementara itu, bantuan juga dilakukan oleh NU Care-LAZISNU Ponorogo dengan memberikan uang sebesar Rp12,5 juta kepada LAZISNU Jatim di posko NU Peduli Semeru. 

 

“Selain itu, kami juga menyerahkan donasi kepada Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBINU) Ponorogo yang sudah beberapa hari di lokasi. Bantuan tersebut berupa uang tunai dan logistik untuk disalurkan kepada korban sebesar Rp10 juta,” terang Ketua NU Care-LAZISNU Ponorogo H Thohir Fauzi.

 

Sesampainya di lokasi bencana, dirinya mengaku sangat bersedih melihat kondisi daerah terdampak serta pengungsi yang membutuhkan uluran tangan dermawan. Menurutnya, pengungsi sangat membutuhkan tempat tinggal akibat erupsi Gunung Semeru.

 

"Sampai di pengungsian, kami sangat merasakan kesedihan melihat kondisi para korban. Ditambah lagi melihat kondisi rumah yang rusak dan ladang pertanian yang hancur membuat kami sangat terenyuh," katanya. 

 

Pihaknya mengaku akan terus menggalang donasi dengan memperbanyak relawan di setiap ruas jalan di Kabupaten Ponorogo. “Itu karena mereka saudara kita di Lumajang memang nyata membutuhkan bantuan dari kita, utamanya warga NU,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Madura Terbaru