• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Metropolis

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Cuaca Panas

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Cuaca Panas
Makanan sehat. (Foto: NOJ/tokopedia)
Makanan sehat. (Foto: NOJ/tokopedia)

Surabaya, NU OnlineĀ Jatim

Cuaca yang sangat panas dapat berakibat buruk bagi tubuh, seperti menyebabkan dehidrasi hingga hilangnya kesadaran.

 

Menurut Verywell Health, minum air merupakan langkah terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di cuaca panas.

 

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk menghindari efek negatif dari cuaca panas, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air untuk mencegah dehidrasi.

 

Makanan terbaik untuk cuaca panas

Makanan yang kita makan dapat membantu tubuh lebih dingin saat cuaca sedang panas. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

 

1. Buah dan sayur segar

Buah dan sayuran mudah dicerna dan mengandung banyak air. Salad dan hidangan lain yang kaya akan produk segar juga akan membuat tubuh merasa ringan dan terhidrasi. Adapun makanan dan minuman yang kaya akan air dan menghidrasi tubuh meliputi semangka, stroberi, kaldu dan sup tomat, paprika dan air kelapa.

 

2. Makanan pedas

Rasa pedas dan keringat yang muncul setelah makan makanan pedas memiliki manfaat, yakni membantu mendinginkan tubuh saat cuaca panas. Selain itu, sedikit cabai rawit atau sambal dapat menambahkan kenikmatan pada makanan apa pun.

 

3. Daging rendah lemak

Lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh dan membawa kandungan garam yang lebih tinggi, yang dapat menambah beban ekstra pada tubuh saat kita membutuhkannya untuk dimaksimalkan demi efisiensi.

 

Mengonsumsi terlalu banyak garam juga meningkatkan risiko dehidrasi. Dengan demikian, jika ingin makan daging saat cuaca panas, pilihlah versi rendah lemak, seperti dada ayam.


Metropolis Terbaru