• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

Menengok Semangat Peserta PKD dan Diklatsar di Sidoarjo

Menengok Semangat Peserta PKD dan Diklatsar di Sidoarjo
Instruktur PC GP Ansor menyanyikan yel-yel Jumbarerareka saat PKD dan Diklatsar di PAC GP Ansor Tulangan (Foto: NOJ/ Maschan)
Instruktur PC GP Ansor menyanyikan yel-yel Jumbarerareka saat PKD dan Diklatsar di PAC GP Ansor Tulangan (Foto: NOJ/ Maschan)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke XVIII serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke XVII,  Jumat (01/07/2022). Semangat para peserta sempat digugah dengan sejumlah cara, salah satunya menyanyikan yel-yel bersama-sama.


Kegiatan kaderisasi organisasi kepemudaan NU tersebut digelar selama tiga hari sejak Jumat (01/07/2022) hingga Ahad (03/07/2022). Kegiatan dipusatkan di gedung SMK Persatuan 2 Tulangan, Sidoarjo.


Dalam kegiatan ini nampak hadir dari Jajaran Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tulangan, Forkopimda, Camat Tulangan, Kepala Bidang Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, Polsek Tulangan, Koramil Tulangan.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin setelah membuka kegiatan kegiatan tersebut mengajak menyanyikan yel yel Jumbarerareka untuk menggugah semangat seluruh peserta PKD-Diklatsar.


Dalam kesempatan tersebut, H Rizza sangat mengapresiasi banyaknya peserta yang berasal dari kaum milenial. Ia selalu mengingatkan kepada para pemuda agar menata niat sebelum bergabung dalam organisasi kepemudaan NU.


H Rizza mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian PKD GP Ansor dan Diklatsar Banser yang terakhir di tingkatan PAC di seluruh Kabupaten Sidoarjo.


Ia menyampaikan bahwa pihaknya selalu melaksanakan evaluasi dalam melaksanakan sistem kaderisasi yang tepat dan baik sebagai penerus roda organisasi nantinya.


"Alhamdulillah PKD dan Diklatsar ke-18 dari total 18 PAC di Kabupaten Sidoarjo terlaksana dengan cukup harmonis dan dinamis. Jumlah pesertanya pun membludak saat melakukan skrining sebelumnya," ungkap H Rizza.


Lebih lanjut, H Rizza berharap dengan usia kader GP Ansor dan Banser cukup milenial dapat menjadi kekuatan dalam mewujudkan cita-cita organisasi Kepemudaan NU.


"Ansor maupun Banser yang ragu dan bimbang silahkan keluar dari Banser dari pada ketika masuk menjadi duri di dalam barisan menjadi permasalahan di dalam barisan," tegasnya.


Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Tulangan, Habib Al Amin menyebutkan bahwa pelatihan kali ini diikuti oleh 22 ranting dan beberapa PAC, dengan jumlah 106 peserta dari umur 25 sampai 63 tahun.


Habib Al Amin menjelaskan bahwa dalam kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin yang santun dan berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah. Karena harus ada regenerasi dakam suatu organisasi.


"Peserta akan dibekali dengan dasar Ansor dan Kebanseran serta faham Aswaja, ke NU an, dan keaswajaan dan siap diterapkan di masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk kaderisasi karena suatu organisasi harus ada regenerasi," imbuhnya.


Editor:

Metropolis Terbaru