• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Ikut Diklatsar, Habib Naquib Assegaf Resmi Jadi Anggota Banser Ponorogo

Ikut Diklatsar, Habib Naquib Assegaf Resmi Jadi Anggota Banser Ponorogo
Habib Naquib saat menjadi peserta Diklatsar Banser. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)
Habib Naquib saat menjadi peserta Diklatsar Banser. (Foto: NOJ/Husnul Khotimah)

Ponorogo,  NU Online Jatim

Meski sudah brulangkali berusaha tak membuat Habib Mukhamad Naquib Assegaf menyerah untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Serbaguna (Banser). Ia membuktikan kembali semangatnya untuk menjadi anggota Banser dengan mengikuti Diklatsar yang diadakan oleh Satuan Komando Rayon (Satkoryon) Banser Slahung, Kabupaten Ponorogo.

 

Habib Naquib mengikuti Diklatsar atas arahan dari Maulana Habib Luthfi bin Yahya Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman). Diklatsar tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-9 Januari 2022 di SMK Ki Hajar Dewantara,  Desa Gundik,  Kecamatan Slahung,  Kabupaten Ponorogo.

 

"Awal mulanya saya dimintai untuk mengisi doa pada acara pembukaan Diklatsar.  Namun, saya memutuskan untuk turut serta mendaftarkan diri menjadi peserta Diklatsar," kata Habib Naquib kepada NU Online Jatim (11/01/2022).

 

Ia mengatakan bahwa dirinya mengikuti Diklatsar berkat rekomendasi dari Habib Lutfi bin Yahya sejak dahulu.  Namun baru bisa dilaksanakan sekarang.  Disamping itu, Habib Naquib ingin menjalin ukhuwah dengan para kader NU.

 

"Saya sudah lama ingin ikut Diklatsar. Sempat gagal 4 kali karena berhalangan dengan acara lain," ucapnya. 

 

Pihak panitia sebenarnya tidak memperkenankan Habib kelahiran Yogyakarta 11 Agustus 1983 ini turut mengikuti pengkaderan ini. Sebab, panitia merasa sungkan karena seorang Habib.

 

Selain itu, panitia juga keberatan karena kegiatan Diklatsar bukan hanya berisi sesi materi di dalam ruangan. Namun juga kegiatan lapangan yang berkaitan dengan fisik. Meski demikian, Habib Naquib tetap meminta mendaftarkan diri sebagai peserta. Hingga akhirnya panitia tidak berani menolak.

 

"Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, banyak hal mengesankan yang saya dapatkan," tutur Habib Naquib.

 

Ia merasa mendapatkan banyak pengalaman melalui Diklatsar Banser tersbeut. "Alhamdulillah saya mendapat banyak pengalaman dari Diklatsar ini.  Dan tentunya turut mengawal amaliyah dan organisasi jamiyah Nahdlatul Ulama," jelas Habib Naquib.

 

Sementara itu, Reza Adisaputra selaku Kepala Satkoryon Banser Slahung mengungkapkan,  pihak panitia sangat bersyukur karena seorang Habib turut berpartipasi dalam acara Diklatsar tersebut.

  

"Alhamdulillah Habib Naquib sangat semangat dalam kegiatan ini.  Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kader NU untuk bersemangat berkhidmat.  Dan semoga Habib Naquib dapat menuntun para kader Banser dan menjadi panutan bagi kami," ungkap Reza.


Editor:

Matraman Terbaru