• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

NU Jatim Terbitkan Surat Instruksi Menghadapi Lonjakan Kasus Covid-19

NU Jatim Terbitkan Surat Instruksi Menghadapi Lonjakan Kasus Covid-19
Surat instruksi yang dikeluarkan PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Romza).
Surat instruksi yang dikeluarkan PWNU Jatim. (Foto: NOJ/ Romza).

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengeluarkan surat instruksi menghadapi meroketnya kasus Covid-19 pada tangga 03 Juli 2021. Di antara isi surat instruksi bernomor 971/PW/A-II/L/VII/2021 tersebut Nahdliyin diminta meningkatkan gerakan batiniyah spiritual salah satunya dengan membaca shalawat li daf’il bala’.

 

Instruksi yang ditanda tangani KH Anwar Manshur Rais Syuriyah PWNU Jatim, KH Safrudin Syarif Katib Syuriyah PWNU Jatim, KH Marzuqi Mustamar Ketua PWNU Jatim, dan H Akh Muzakki Sekretaris PWNU Jatim itu ditujukan kepada  pimpinan perangkat organisasi PWNU Jawa Timur, pengurus cabang, majelis wakil cabang dan Ranting NU se-Jatim beserta pimpinan perangkat organisasinya. Selain itu, ditujukan pula kepada pengasuh pesantren, takmir masjid-mushala, dan warga Nahdliyin se-Jatim.

 

Adapun isi lengkap surat instruksi PWNU Jatim sebagai berikut:

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Salam silaturrahim disampaikan, semoga kesuksesan senantiasa mengiringi setiap aktifitas yang kita lakukan, amin.

 

Sehubungan dengan semakin meroketnya kasus Covid-19 melalui sejumlah varian barunya di Indonesia secara umum dan di Jawa Timur secara khusus, seraya memperhatikan kebijakan strategis Pemerintah dalam bentuk Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali, bersama ini Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menginstruksikan kepada pengurus NU berserta pimpinan perangkat organisasinya di semua tingkatan serta segenap warga nahdliyin/nahdliyat di Jawa Timur pada khususnya, untuk:

 

1. Mematuhi kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan PPKM Darurat di atas dalam rangka untuk berkontribusi pada penanganan lonjakan kasus Covid-19 beserta berbagai variannya secara khusus dan panyelesaian pandemi Covid-19 secara umum.

 

2. Meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan yang terdiri dari 5 M, yang meliputi:

a. Memakai masker,

b. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,

c. Menjaga jarak,

d. Menjauhi kerumunan, serta

e. Membatasi mobilitas dan interaksi

 

3. Meningkatkan gerakan batiniyah-spiritual guna mendekatkan diri kepada Allah serta memohon segera diangkatnya wabah korona di wilayah ini khususnya dan Indonesia pada umumnya, dengan di antaranya membaca shalawat li daf’il bala’ (3 kali setiap sehabis shalat wajib) dengan redaksi yang diijazahkan oleh KH Hasan Saifourrijal sebagaimana berikut:

 اَللّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلََةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا الطَّعْنَ وَالطَاعُوْنَ يَا مَنْ اَمْرُهُ إِذَا

أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

 

Demikian surat instruksi ini dibuat untuk dilaksanakan sebaik-baiknya hingga situasi pandemi terkendali. Amin.


Editor:

Metropolis Terbaru