• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

NU Peduli di Sidoarjo Benahi Rumah Warga Terdampak Angin Kencang

NU Peduli di Sidoarjo Benahi Rumah Warga Terdampak Angin Kencang
Relawan NU Peduli membenahi rumah yang terkena angin kencang, Ahad (27/11/2022). (Foto: NOJ/Sutrisno)
Relawan NU Peduli membenahi rumah yang terkena angin kencang, Ahad (27/11/2022). (Foto: NOJ/Sutrisno)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada hari Jum'at (25/11/2022) sore sekitar pukul 14.15 WIB menerjang Dusun Kluwih, Desa Kebonagung, Porong, Sidoarjo telah menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan.

 

Melihat fenomena bencana alam yang mengkhawatirkan tersebut, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul ulama (LAZISNU) Porong, Sidoarjo bergerak cepat untuk menindaklanjuti program NU Porong Peduli dengan melakukan tindakan asesmen dan koordinasi dengan kepala desa setempat pada hari Ahad, (27/11/2022).

 

Tim yang dikomandani oleh Ustadz Moh Imron Fachrudin tersebut melakukan bedah rumah yang termasuk kategori kerusakan sedang. Ia menyampaikan bahwa NU Porong Peduli ini merupakan turunan dari NU Sidoarjo Peduli yang menjadi wadah yang bergerak dalam kebencanaan.

 

"Konsep NU Peduli yang bagus ini harus dibumikan dalam harakah jam'iyah, sehingga khidmah kita bisa dirasakan langsung oleh warga NU," ujar Ustad Udin sapaan pimpinan rombongan tersebut 

 

Kepala Desa Kebonagung, Agus Suwantoro menuturkan bahwa di tengah keprihatinannya melihat warga yang terkena musibah, ia merasa terbantu karena masih banyak saudara-saudara NU yang memiliki kepedulian terhadap sesama. 

 

"Semoga ini adalah wujud persaudaraan dan persatuan warga Kebongagung beserta seluruh banom NU ketika ada saudara kesusahan yang lainnya ikut merasakan. Dan semoga yang kita lakukan bersama ini membawa keberkahan," ujar Agus sapaan akrabnya.

 

Giat benah rumah yang dilakukan oleh NU Porong Peduli ini juga melibatkan Unit Pengelola Zakat Infak dan Shodaqoh (UPZIS) Desa Kebonagung dan  Kecamatan Porong, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul ulama (LPBINU), Pengurus Ranting NU, Muslimat NU, Fatayat NU, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Porong dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). 


Metropolis Terbaru