• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Pasca Erupsi, Gunung Semeru Naik Status ke Level Awas

Pasca Erupsi, Gunung Semeru Naik Status ke Level Awas
Ilustrasi Gunung Semeru erupsi. (Foto: NOJ/ Istimewa)
Ilustrasi Gunung Semeru erupsi. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari semula level 3 atau siaga menjadi level 4 (awas), Ahad (04/12/2022). Keputusan itu menyusul pasca terjadinya berkali-kali erupsi dari gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.


Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, naiknya status Gunung Semeru itu terhitung mulai pukul 12.00 WIB. Sebab itu, pihaknya meminta agar tidak ada aktivitas dalam radius 8 kilometer dari puncak Gunung Semeru.


“Hendaknya tidak ada aktivitas dalam radius 8 kilometer dari puncak, dan sektoral arah Tenggara (Besuk Kobokan dan Kali Lanang) sejauh 19 kilometer dari puncak Gunung Semeru,” ujarnya dalam keterangan yang dibaca NU Online Jatim, Ahad (04/12/2022).


Dijelaskan, pada Ahad (04/12/2022) dini hari sekira pukul 02.46 WIB telah terjadi erupsi Gunung Semeru yang disertai awan panas guguran. Awan panas guguran tersebut berasal dari arah Kawah Jonggring Seloko, sekitar 800 meter dari puncak gunung.


“Awan panas guguran itu berlangsung terus menerus hingga pukul 06.00 WIB dan jarak luncur telah mencapai 7 kilometer dari puncak ke arah Besuk Kobokan,” terangnya.


Adapun tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.


Sebagai informasi, tingkatan status gunung berapi ada empat. Mulai dari yang paling rendah, yakni Normal (Level 1), Waspada (Level 2), Siaga (level 3) dan Awas (Level 4).


Metropolis Terbaru