• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 25 Januari 2022

Metropolis

Peduli Bencana, BEM PTNU Nusantara Beri Bantuan Berupa Material Bangunan

Peduli Bencana, BEM PTNU Nusantara Beri Bantuan Berupa Material Bangunan
Suasana saat penyerahan bantuan berupa material bangunan dari BEM PTNU Nusantara ke Tim BPBD Kota Batu. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)
Suasana saat penyerahan bantuan berupa material bangunan dari BEM PTNU Nusantara ke Tim BPBD Kota Batu. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Banjir bandang yang terjadi di Kota Batu waktu lalu mengisahkan duka yang mendalam bagi para korban. Hal tersebut menginisiasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) se-Nusantara melakukan aksi penggalangan dana serentak. Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dari kalangan mahasiswa untuk turut membantu korban yang terdampak bencana di Batu.

 

Adapun hasil dari penggalangan dana dari seluruh BEM PTNU tersebut berhasil terkumpul jutaan rupiah yang kemudian dialokasikan berupa material bangunan seperti semen, besi, kayu dan pipa. Hasil penggalangan dana tersebut akhirnya diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Ahad (21/11/2021).

 

"Kami menginstruksikan dari berbagai Koordinator Wilayah (Korwil) di pulau Jawa seperti Jabar, Jateng dan Jatim secara serentak untuk melaksanakan aksi tersebut," kata Naim selaku koordinator pusat penggalangan dana BEM PTNU.

 

Ia menjelaskan bahwa hasil dari aksi penggalangan tersebut bersumber dari donasi berbagai kalangan masyarakat yang kemudian dikumpulkan melalui Korwil agar seluruhnya dapat terakomodir dengan baik.

 

"Hasil dana yang terkumpul di belanjakan alat material bangunan agar dapat langsung dimanfaatkan oleh korban bencana," ujar Naim kepada NU Online Jatim.

 

Tita Lailatun Nisa selaku koordinator penggalangan dana Jawa Timur mengungkapkan rasa turut berduka atas bencana yang terjadi di Batu beberapa waktu lalu. Dirinya merasa senang dan juga haru karena secara langsung dapat hadir dan melihat kondisi di lokasi bencana.

 

"Kami berharap semoga sedikit bantuan dari BEM PTNU ini bisa meringankan beban para korban bencana semoga Para korban bisa sabar dan legowo menerima musibah yang menerpa," harap Tita yang juga seorang Presiden Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).

 

Sementara itu, Tim BPBD Kota Batu yang berada di posko bantuan menyambut dengan sangat baik dan mengapresiasi adanya bantuan dari kalangan mahasiswa NU tersebut.

 

Perwakilan yang hadir langsung yakni Abdul Mufid sebagi koordinator penggalangan dana Jawa Barat, Tita Lailatun Nisa selaku koordinator penggalangan dana Jawa Timur dan juga Sancaya selaku koordinator penggalangan dana dari Jawa tengah.


Metropolis Terbaru