• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

Perbaiki Hidup dengan Kualitas Shalat yang Sempurna

Perbaiki Hidup dengan Kualitas Shalat yang Sempurna
Perbaiki Hidup dengan Kualitas Shalat yang Sempurna. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)
Perbaiki Hidup dengan Kualitas Shalat yang Sempurna. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)

Pasuruan, NU Online Jatim

Wakil Ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2015-2020 KH M Sholeh Qosim menyampaikan, bahwa untuk memperbaiki kualitas hidup manusia perlu dilakukan penataan kualitas dan kuantitas shalat yang sempurna ala Rasulullah.

 

Penegasan tersebut ia sampaikan saat Pelatihan Shalat Sempurna ala Rasulullah yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Gempol, Pasuruan, Sabtu (15/01/2022).

 

Ia menambahkan, bahwa teori shalat sempurna sesuai tuntunan Rasulullah perlu digalakkan dengan menyasar santri dan kalangan pesantren lainnya.

 

“Tentu, bila ada perbedaan tata cara dengan hal tersebut jangan langsung menyalahkan atau bahkan mencacinya,” ujarnya pria yang juga Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo itu

 

Menurut kiai asal Mojokerto itu, tujuan utama belajar shalat sempurna adalah untuk menuju sahnya shalat. Sebab, menurutnya, shalat adalah tiang berdirinya agama. 

 

"Jika kita ingin kehidupan kita ditata oleh Allah, maka yang utama adalah kita harus memperbaiki kualitas dan kuantitas shalat masing-masing," kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Sidoarjo tersebut. 

 

Penulis buku best seller ‘Tuntunan Shalat’ tersebut pun memberikan wakaf Al-Qur’an berukuran jumbo beserta rekalnya kepada pihak Madrasah Diniyah (Madin) Al-Munawwar, Gempol, Pasuruan. 

 

"Semoga dengan pemberian wakaf Al-Quran ini bisa memudahkan dalam membaca bacaan surat saat menjadi imam shalat," ujar dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) itu.

 

Tak cukup itu, Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Sabiul Muttaqim (Staisam) Mojokerto ini juga memberikan hadiah buku Khutbah Nahdliyin kepada Ustadz Amak selaku Ketua LDNU Gempol dan Ustadz Muhammad Suhadak selaku Ketua LTMNU Pandaan.

 

Sementara itu, salah satu peserta utusan dari Madin Al-Ikhlas Bulusari Ninik Masruroh mengaku sangat senang bisa menimba ilmu yang luar biasa dan praktik secara langsung dengan sanad yang jelas.

  

"Alhamdulillah, ilmu dan pengalaman ini akan saya tularkan kepada anak didik dan teman-teman di Madrasah Diniyah maupun TPQ tempat kami mengajar," tuturnya.


Metropolis Terbaru