• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU di Sidoarjo Gelar Seminar Entrepreneurship

IPNU-IPPNU di Sidoarjo Gelar Seminar Entrepreneurship
Kegiatan seminar enterpreneurship oleh IPNU-IPPNU Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)
Kegiatan seminar enterpreneurship oleh IPNU-IPPNU Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, menggelar seminar entrepreneurship. Kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Desa Kemantren, Tulangan, kabupaten setempat, Ahad (16/01/2022).

 

Seminar yang mengusung tema The Power of Innovative Entrepreneurship in Islamic Student itu diperuntukkan untuk seluruh Pimpinan Ranting (PR) di Kecamatan Tulangan. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Fitria Anggraeni, seorang pengusaha owner AJT Greenbag serta ketua UMKM Kecamatan Wonoayu dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.

 

Fitria yang juga alumni IPNU-IPPNU mengajak kepada seluruh pelajar NU saat ini untuk lebih berani mengambil resiko, terutama saat memulai sebuah usaha. Sebab, seorang pengusaha yang sukses merupakan seorang yang dapat mengatasi segala bentuk risiko yang mengancam usahanya.

 

Dalam kesempatan tersebut, seluruh peserta diajarkan tentang bagaimana cara berwirausaha serta mengelola keuangan yang baik. Peserta juga dapat memamerkan dan mempromosikan produk-produk yang dihasilkan melalui lembaga ekonomi di setiap ranting.

 

Sementara itu, Siti Nur Halisah, Ketua PAC IPPNU Tulangan, menjelaskan bahwa seminar kewirausahaan kali ini merupakan langkah penting dalam menjawab tantangan organisasi yang mandiri. Menurutnya, modal utama untuk mewujudkan organisasi yang mandiri diperlukan langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi secara mandiri melalui lembaga ekonominya.

 

"Sebagai seorang pelajar NU juga harus melek sektor ekonomi, karena ini adalah yang akan menopang dan mendorong kemandirian sebuah organisasi menuju kemandirian umat," ujarnya.

 

M Ilkham Ramadhani, Wakil ketua Bidang Dakwah dan Lembaga Ekonomi PAC IPNU Tulangan, menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan lembaga ekonomi di setiap ranting. Sebagai penanggung jawab berharap agar IPNU-IPPNU menjadi organisasi pelajar yang mandiri di bidang ekonomi.

 

"Semoga seminar entrepreneurship ini dapat menjadi jawaban akan permasalahan lembaga ekonomi di lingkup IPNU-IPPNU selama ini. Semoga seluruh peserta dapat menerapkan ilmu dan pengalamannya di lingkungan masing-masing," katanya kepada NU Online Jatim.


Metropolis Terbaru