• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Malang Raya

IPNU-IPPNU Pendem di Batu Aktif Lagi setelah 10 Tahun Vakum

IPNU-IPPNU Pendem di Batu Aktif Lagi setelah 10 Tahun Vakum
PR IPNU-IPPNU Pendem saat dibentuk oleh PC Kota Batu. (Foto: NOJ/Zaiyana Nur Ashfiya)
PR IPNU-IPPNU Pendem saat dibentuk oleh PC Kota Batu. (Foto: NOJ/Zaiyana Nur Ashfiya)

Batu, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kota Batu mengaktifkan kembali dua kepengurusan tingkat ranting, yakni Pimpinan Ranting (PR) Pendem dan Desa Torongrejo. Bahkan, PR IPNU-IPPNU Pendem dihidupkan kembali setelah sepuluh tahun vakum.

 

Menurut Mochammad Afifuddin, Wakil  Ketua II Bidang Kaderisasi PC IPNU Batu, kepengurusan di Ranting Pendem yang sekarang merupakan regenerasi setelah sepuluh tahun mengalami kemandekan.

 

"Sudah hampir sepuluh tahun vakum kepengurusan IPNU-IPPNU di Desa Pendem ini," katanya kepada NU Online Jatim pada Selasa (11/01/2022).

 

Selain kepengurusan di Pendem dan Torongrejo, IPNU-IPPNU Batu juga menghidupkan kembali kepengurusan tingkat komisariat, yakni Komisariat SMP Ma’arif. Afif mengatakan, upaya itu berhasil setelah melakukan pendekatan dilakukan melalui berbagai pihak.

 

Dirinya dan juga pengurus di pimpinan cabang menyadari untuk membangunkan kembali kader-kader di ranting yang sedang mengalami lemah semangat bukanlah perkara yang mudah. Sampai akhirnya pintu masuk dibuka melalui salah satu pembina remaja masjid Masjid Al Ikhlas yang berlokasi di daerah tersebut.

 

"Kami lewat perantara salah satu pembinanya, kita bisa masuk untuk mengenalkan IPNU dan IPPNU ke remas tersebut," papar Afif.

 

Sampai hari ini, sudah terbentuk 14 kepengurusan ranting dari 21 yang ditargetkan di Kota Batu. Departemen kaderisasi terus berupaya untuk bergerak secara masif ke desa-desa, termasuk yang mengalami permasalahan serupa dengan ranting Desa Pendem.

 

Tidak hanya pembentukan ranting, pembentukan kepengurusan komisariat IPNU-IPPNU di sekolah-sekolah juga terus digaungkan, sehingga nantinya dapat menambah jumlah dari sembilan kepengurusan komisariat.


Malang Raya Terbaru