• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Malang Raya

Wujudkan Modernitas Organisasi, Ini Upaya yang Dilakukan GP Ansor Kota Batu

Wujudkan Modernitas Organisasi, Ini Upaya yang Dilakukan GP Ansor Kota Batu
Sinau Bareng Administrasi dan Madrasah Digital PC GP Ansor kota Batu. (Foto: NOJ/Zaiyana NA)
Sinau Bareng Administrasi dan Madrasah Digital PC GP Ansor kota Batu. (Foto: NOJ/Zaiyana NA)

Batu, NU Online Jatim

Sebagai badan otonom (Banom) yang tetap eksis di masa kini, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Batu terus berupaya untuk membenahi diri. Upaya tersebut dilakukan agar organisasi berjalan teratur dan bisa menyesuaikan perkembangan zaman.

Salah satu langkah yang diambil adalah perbaikan ketertiban administrasi dan juga peningkatan kemampuan dalam bidang digital. Ketua PC GP Ansor Kota Batu, Zainal Musthofa menuturkan ketertiban administrasi adalah wujud dari modernitas organisasi.

"Organisasi yang modern itu ditentukan juga oleh administrasinya," katanya pada NU Online Jatim, Rabu (29/12/2021).

Sebagai penunjang, pihaknya telah mengadakan pelatihan administrasi dan juga digitalisasi yang diperuntukkan kepada pengurus GP Ansor di tingkat PAC dan ranting. Acara yang bertajuk Sinau Bareng Administrasi & Madrasah Digital tersebut digelar pada Selasa (28/12/2021) di kantor PCNU Kota Batu.

"Untuk meningkatkan kepahaman dan kesadaran tertib administrasi, kami mengadakan pelatihan administrasi dan digitalisasi kemarin," ujarnya.

Dalam pengelolaan administrasi dibutuhkan ketelatenan dari para pengurus, tidak hanya tugas sekretaris, tetapi semua pengurus juga perlu menyadari hal tersebut. Terlebih lagi administrasi bukan hanya masalah persuratan, melainkan juga perlengkapan dan peralatan.

"Pelatihan ini diberikan kepada pengurus di tingkat PAC dan ranting. Alhamdulillah yang hadir sekitar 50 orang dan semua antusias mengikutinya, semoga dengan begitu kader-kader GP Ansor bisa paham dan tertib administrasinya," tutur Zainal.

Sementara itu, menghadapi tantangan modernisasi juga tidak bisa berlepas dari digitalisasi. Oleh karenanya, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan wawasan serta praktek dalam bidang digital. GP Ansor sendiri memiliki tim cyber yang bertugas melakukan pergerakan di dunia maya, dan hal tersebut tentu memerlukan kesolidan dan juga kemasifan kader yang mau untuk sama-sama bergerak di media digital.

Hadir sebagai pemateri administrasi dalam kegiatan tersebut sekretaris PC GP Ansor dan wakil ketua bidang organisasi PC GP Ansor Kota Batu, sementara materi digital disampaikan langsung oleh tim cyber PC GP Ansor Kota Batu.

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru