• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Pesan Gus Yahya kepada Para Kepala Kemenag di Jatim

Pesan Gus Yahya kepada Para Kepala Kemenag di Jatim
Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf. Foto: NU Online
Ketum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf. Foto: NU Online

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengajak seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur agar bisa mengambil peran penting dalam membangun peradaban bangsa.


Hal tersebut disampaikan Gus Yahya saat menerima kunjungan rombongan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur bersama Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Bidang (Kabid) serta Kepala Kemenang se Jatim di kediamannya, Rembang, Jawa Tengah pada Jumat (06/05/2022) malam.


Dalam kesempatan tersebut, Gus Yahya memberikan wejangan kepada Kepala Kanwil, Kabag dan Kabid serta para kepala Kemenag se Jatim agar Kemenag sebagai kepanjangan dari pemerintah pusat benar-benar bisa menjadi bagian terdepan dalam percepatan program-program pemerintah. Terutama dibidang kesehatan dan pendidikan.


"Kemenag harus mampu menjadi teladan bimbingan bagi umat, karena tantangan kita saat ini adalah arus global digital dan perkembangan zaman. Percepat program-program di bidang pendidikan dan kesehatan, apalagi dua tahun terakhir saat pandemi ini dampaknya luar biasa bagi generasi kita," tutur Gus Yahya.


Lebih lanjut mantan Katib Aam PBNU tersebut menyampaikan bahwa tugas pokok Kemenag adalah mengambil peran di ranah global bersama Nadhlatul Ulama.


"Mari bersama-sama membimbing umat dan memberikan kontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara bersama NU dan kekuatan bangsa lainnya," tandas Gus Yahya.


Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jatim H Khusnul Maram memohon doa restu kepada Gus Yahya agar jajaran pejabat di Kemenag Jatim bisa menjalankan amanah dengan penuh tanggungjawab yang didasari pengabdian secara tulus dan ikhlas.


Ia juga menyatakan akan bersinergi dengan NU dalam setiap program yang ada. "Mohon doa restu kiai, insyaallah kami siap bersinergi dan selalu mendukung semua program, terlebih lagi program yang dikerja samakan bersama NU dan stakeholders lainya," ujar Husnul Maram. 


Terpisah, Kepala Kemenang Surabaya H Pardi mengungkapkan bahwa dalam safari Idul Fitri di kediaman Gus Yahya tersebut banyak petuah dan wejangan yang membangun serta menjadi inspirasi bagi keluarga besar Kemenag.


"Kami ini selalu siap dengan titah dan petuah kiai, karena kami yakin beliau sangat memahami arus global perkembangan zaman. Semua kepala kemenag selalu kompak berkontribusi   membangun bangsa dan membimbing umat," ujarnya.


Editor:

Metropolis Terbaru