• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

PMII Sidoarjo Usung Sustainable Development Goals pada Kongres ke XX

PMII Sidoarjo Usung Sustainable Development Goals pada Kongres ke XX
Romlah, Ketua PC PMII Sidoarjo. (Foto: NOJ/istimewa)
Romlah, Ketua PC PMII Sidoarjo. (Foto: NOJ/istimewa)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) kabupaten Sidoarjo akan membawa rekomendasi tentang Sustainable Development Goals (SDG's) PMII di Kongres XX Pengurus Besar (PB) PMII yang dilaksanakan pada Rabu (17/03/2021) hingga Ahad (20/03/2021) mendatang.

 

Romlah, Ketua Umum PC PMII Sidoarjo mengatakan kongres ini selain menjadi ajang pemilihan Ketua Umum PB PMII yang baru juga membicarakan isu-isu strategis dan pokok-pokok PMII kedepan.

 

“Kami ingin menyampaikan bahwa PMII saat ini haruslah mengupayakan digitalisasi organisasi. Terutama berbicara mengenai big data dalam rangka peningkatan layanan dan tata kelola organisasi, peningkatan kualitas kebijakan publik dan partisipasi kader maupun anggota,” katanya, Rabu (17/03/2021).

 

Oleh karena itu, PC PMII Kabupaten Sidoarjo akan membawa isu ini ke Kongres XX PB PMII.

 

“PMII Sidoarjo akan membawa rekomendasi SDG's PMII dengan tagline #NewNormalNewMovement,” imbuhnya.

 

Big Data sendiri menurut Gartner ialah merupakan sebuah informasi besar, beragam serta berkecepatan tinggi yang memerlukan pembiayaan dan rumus pengelolaan yang efektif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pengambilan keputusan dan otomatisasi proses.

 

Selain itu, tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDG's PMII ini juga membahas posisi PMII sebagai benteng dalam rangka komitmen ideologi dan kebangsaan hingga terwujudnya perguruan tinggi yang bersih dari paham ekstremisme.

 

Masih menurut Romlah, dalam SDG's PMII nanti pembangunan sumber daya kader ini diharapkan dapat berkelanjutan dengan berbasis potensi dan fakultatif. Pihaknya akan merekomendasikan kepada Ketua Umum terpilih PB PMII untuk menjadikan pokok-pokok tersebut menjadi prioritas gerakan.

 

"Dengan begitu, terciptalah akselerasi gerakan serta pendistribusiannya. Kader PMII memiliki bekal dengan baik dan tepat hingga pada akhirnya mampu mengisi ruang-ruang strategis di segala leading sektor," pungkasnya.

 

Pada kongres kali ini dilaksanakan di lima zona lokasi yakni Balikpapan, Samarinda, Batam, Bekasi, Lombok dan Kendari. Adapun PMII kabupaten Sidoarjo ditempatkan bersama rombongan PMII dari Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT yang bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

Kongres PMII yang mengangkat tema 'Organisasi Maju untuk Peradaban Baru' akan dilaksanakan secara hybrid atau perpaduan antara online dan offline dengan berpusat di Gedung Kesenian Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru