• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Pulang dari Makkah, 7 Jamaah Haji Asal Jatim Terinfeksi Covid-19

Pulang dari Makkah, 7 Jamaah Haji Asal Jatim Terinfeksi Covid-19
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Jamaah haji asal Jawa Timur yang baru saja pulang dari Makkah terinfeksi Covid-19. Setidaknya ada 7 jamaah haji dari kloter satu dan dua yang terdeteksi terinfeksi Covid-19.


Kloter pertama tiba di Bandara International Juanda Surabaya pada Ahad (17/07/2022) lalu. Sedangkan kloter kedua tiba di Surabaya pada Ahad (17/07/2022).


Dua kloter itu berasal dari empat daerah, yaitu Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan Kota Surabaya.


Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, para jamaa haji diketahui terinfeksi Covid-19 setelah dilakkan pemeriksaan oleh tim medis.


"Mereka merupakan jamaah haji yang baru pulang dan tiba di Surabaya Sabtu dan Minggu kemarin. Para jamaah haji ini langsung dilakukan screening, untuk memastikan aman dari covid-19," ungkapnya dikutip medcom.id, Senin (18/07/2022).


Ia tidak menyebut secara rinci ketujuh jamaah haji positif covid-19 berasal dari daerah mana saja. Hanya saja disebutkan bahwa ketujuh orang itu terdiri dari dua jamaah kloter satu dan lima jamaah kloter dua.


"Seluruh jamaah yang terkonfirmasi positif telah kembali ke daerah dengan penanganan tersendiri, yang selanjutnya akan ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat," ujarnya.


Haris menyatakan, jamaah haji yang terpapar Covid-19 itu akan mendapat penanganan khusus dari tim Dinkes di masing-masing daerah.


Editor:

Metropolis Terbaru